Peningkatan Literasi dengan Strategi The Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA) di Ruang Baca Tanah Ombak dan Lentera Kuning

Witri Annisa(1*), Rio Rio Rinaldi(2), Ade Fitri Rahmadani(3),

(1) Universitas Bung Hatta Padang
(2) Universitas Bung Hatta Padang
(3) Universitas Bung Hatta Padang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6626

Abstract


Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca adalah membudayakan kegiatan literasi dikalangan anak-anak. Upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan sarana dan prasarana literasi anak. Beberapa komunitas di masyarakat di Kota Padang sudah mencanangkan budaya literasi, diantaranya Komunitas Tanah Ombak dan Komunitas Lentera Kuning. Komunitas Tanah Ombak sebagai mitra 1 dan Komunitas Lentera Kuning sebagai mitra 2 sudah mencangkan budaya literasi dengan menyediakan sarana perpustakaan. Buku-buku diperpustkaan banyak dibaca anak-anak, tetapi kegiatan membaca tersebut hanya untuk bermain. Kegiatan membaca akan lebih bermakna jika dikaitkan dengan pengetahuan sehingga dapat menunjang kemampuan akademik anak-anak Tanah Ombak dan Lentera Kuning. Metode yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra dilakukan dengan pembinaan kegiatan membaca yang bermakna dengan menerapkan strategi Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA). Hasil dari kegiatan tersebut cukup baik, yaitu adanya peningkatan rata-rata kemampuan membaca pemahaman dari sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan literasi dengan Strategi CALLA.

Keywords


literasi; Strategi CALLA; Tanah Ombak; Lentera Kuning

Full Text:

PDF

References


Annisa, Witri dan Rio Rinaldi. 2017. Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Cognitive Academic Languange Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Puitika Vol.13 No. 2, pp 220—227.

Annisa, Witri dan Rio Rinaldi. 2017. Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Strategi Cognitive Academic Languange Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Dialektika Vol. 4 No.2, pp 240—258 . Dalam http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/index.php. diunduh pada 7 Juni 2018.

BPS. 2014. Luas Daerah dan Jumlah Penduduk Kota Padang. Dalam www.sumbar.bps.go.id. diunduh 23 Mei 2016.

Chamot, Anna. 1995. Implementing The Cognitive Academic Language Learning Approach : CALLA In Arlington Virginia. THE BILINGUAL RESEARCH JOURNAL Summer/Fall. Vol. 19, Nos. 3 & 4, pp. 379-394 . Diunduh 2 April 2016

Imansyah, Nur. 2016. Anggota DPR sebut minat baca penduduk Indonesia rendah. News. Dalam http://www.antaranews.com/berita/556186/anggota-dpr-sebut-minat-baca-penduduk-indonesia-rendah. Diunduh 18 Mei 2016.

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 PAREPARE. Publikasi Pendidikan, 5(3). Diunduh 25 Sepetember 2018.

Suhariyanto, Kacuk. 2015. Indeks Pembangunan Manusia (IPM):(Metode Baru). Dalam http://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Bahan-Sosialisasi-IPM-Metode-Baru.pdf. Diunduh 18 Mei 2016.

Marimuthu,R, Chittra Muthusamy, dan Jeyamahla Veeravagu. 2011. Metacognitive Strategy Training through The Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA) as a Way to Improve Reading Comprehension Performance among Students of an English Language Course at UiTM Penang. Malaysian Journal of ELT Research. Vol.7 (1). Diunduh tanggal 3 Februari 2017.


Article Metrics

Abstract view : 703 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Witri Annisa, Rio Rio Rinaldi, Ade Fitri Rahmadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by