Pendampingan Implementasi Layanan PAUD dalam Kurikulum Merdeka di Daerah Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)
(1) Mulawarman University
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(4) Universitas Tanjungpura
(5) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i3.63836
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuk, A., Mundiarti, V., Syukur, A., & Seran, T. N. (2023). Problems of Independent Curriculum Planning in the Kelapa Lima State Kindergarten Kupang. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 4(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/eceds.v4i2.14097
Aji, G., Arfani, Z., Sari, A. M., & Seprtiani, R. (2023). Dampak Pemindahan Ibukota Negara Baru terhadap Ekonomi dan Sosial di Provinsi Kalimantan Timur. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(5), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/kultura.v1i5.474
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Anggriani, F. P., Mangunwibawa, A. A., Koesoemawardhani, L., Nasrudin, N., Fikriani, D., Margiyani, L., Rengganis, N., Rahardjo, M. M., Yuliantina, I., & Maizura, R. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Umum Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkualitas. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Armansyah, R., Syam, M. A., & Azahra, N. (2024). Peran Ibu Kota Nusantara Sebagai Kota Sustainable Cities Dalam Mensejahterakan Masyarakat Indonesia. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 255–266. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.879
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan perkembangan anak: bayi, balita, dan usia prasekolah. Lindan Bestari.
Basuki, A. D., Theodora, N. C., & Rahmatullah, R. (2023). Pemanfaatan Sumber Daya Pangan Lokal sebagai Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Hutan Tropis Lembap di SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2921
Hairunnisa, H., & Syaka, W. A. (2022). Analisis Komunikasi Politik Dalam Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Menuju Kota Berkelanjutan. Journal of Government and Politics (JGOP), 4(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jgop.v4i1.8193
Harianto, B. T. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka:-. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184
Himmah, U., & Fadriati, F. (2023). Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 7(6), 3931–3938. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6445
Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287–300. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200
Munawar, M. (2022). Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840
Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Nugroho, D. (2022). Bentuk Dan Kekhususan Ibu Kota Negara Nusantara Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. The Indonesian Journal Of Politics And Policy (IJPP), 4(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/ijpp.v4i1.6527
Nurhasanah, N., Wulandari, R., Rahmawati, D., Susanti, E. I., Afifah, D., Fikriani, D., Ado, Y., Wardani, B., & Lestari, G. D. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas: Lingkungan Belajar Partisipatid. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Purba, O., Syamil, A., Nooraini, A., Sepriano, S., & Gunawan, A. F. (2023). Dasar Hukum & Analisis Tata Kelola Ibu Kota Negara Dari Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putri, A. A. P., Nuraini, P., Halida, H., & Fauzi, C. (2024). Pendampingan komunitas belajar pendidikan anak usia dini di daerah Ibu Kota Nusantara (IKN) Paser Penajam Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1025–1032. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23041
Rahardjo, B., Anwar, N. A. O., Putri, A. A. P., & Rozie, F. (2022). Teachers’ Role as Communicator and Motivator in Facilitating Early Childhood Sex Education in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2). https://doi.org/s: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49962
Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878
Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848
Sjamsir, H., Liana, H., Aslinda, A., & Bulan, S. (2022). Advokasi Pengelolaan dan Layanan PAUD Berkualitas di Kota Samarinda. TAAWUN, 2(02), 245–255. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/taawun.v2i02.641
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Ubaidillah, A. (2024). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Komunitas dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri Jayawijaya Papua. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 306–314. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i1.1107
Wardani, M. A. K. (2022). Implementasi Modifikasi Kurikulum Upaya Pengembangan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Autism. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.148-158
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197
Article Metrics
Abstract view : 156 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Aprilia Pangestu Putri, Tri Wahyuningsih, Hasbi Sjamsir, Halida Halida, Chandra Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by