Pendampingan Implementasi Layanan PAUD dalam Kurikulum Merdeka di Daerah Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)

Ayu Aprilia Pangestu Putri(1*), Tri Wahyuningsih(2), Hasbi Sjamsir(3), Halida Halida(4), Chandra Fauzi(5),

(1) Mulawarman University
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(4) Universitas Tanjungpura
(5) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i3.63836

Abstract


Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Indonesia adalah sentral dan simbol jati diri bangsa dan negara. Pengembangan dan pembangunan dalam segala bidang perlu dilakukan secara matang. Adanya situasi miskonsepsi terhadap kurikulum merdeka beserta penerapannya, menjadikan kegiatan pendampingan ini sebagai upaya dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas di daerah IKN pada bidang pendidikan khususnya implementasi kurikulum merdeka.. Terdapat empat kegiatan yang dilakukan diantaranya; observasi awal; melaksanakan refleksi; memberikan penguatan dan umpan balik serta melaksanakan evaluasi. Dari hasil kegiatan ini, guru mendapatkan gambaran yang utuh dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, mulai dari pelaksanaan pembelajaran; implementasi pendidikan anak usia dini (PAUD) holitik integratif dan program transisi PAUD ke Sekolah Dasar yang menyenangkan. Hasil kegiatan ini memberikan manfaat terhadap pengembangan kompetensi guru PAUD dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas khususnya di Daerah IKN

Keywords


Pendampingan, Kurikulum Merdeka, PAUD, IKN.

Full Text:

PDF

References


Abuk, A., Mundiarti, V., Syukur, A., & Seran, T. N. (2023). Problems of Independent Curriculum Planning in the Kelapa Lima State Kindergarten Kupang. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 4(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/eceds.v4i2.14097

Aji, G., Arfani, Z., Sari, A. M., & Seprtiani, R. (2023). Dampak Pemindahan Ibukota Negara Baru terhadap Ekonomi dan Sosial di Provinsi Kalimantan Timur. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(5), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/kultura.v1i5.474

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Anggriani, F. P., Mangunwibawa, A. A., Koesoemawardhani, L., Nasrudin, N., Fikriani, D., Margiyani, L., Rengganis, N., Rahardjo, M. M., Yuliantina, I., & Maizura, R. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Umum Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkualitas. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558

Armansyah, R., Syam, M. A., & Azahra, N. (2024). Peran Ibu Kota Nusantara Sebagai Kota Sustainable Cities Dalam Mensejahterakan Masyarakat Indonesia. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 255–266. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.879

Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan perkembangan anak: bayi, balita, dan usia prasekolah. Lindan Bestari.

Basuki, A. D., Theodora, N. C., & Rahmatullah, R. (2023). Pemanfaatan Sumber Daya Pangan Lokal sebagai Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Hutan Tropis Lembap di SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2921

Hairunnisa, H., & Syaka, W. A. (2022). Analisis Komunikasi Politik Dalam Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Menuju Kota Berkelanjutan. Journal of Government and Politics (JGOP), 4(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jgop.v4i1.8193

Harianto, B. T. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka:-. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184

Himmah, U., & Fadriati, F. (2023). Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 7(6), 3931–3938. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6445

Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287–300. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200

Munawar, M. (2022). Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Nugroho, D. (2022). Bentuk Dan Kekhususan Ibu Kota Negara Nusantara Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. The Indonesian Journal Of Politics And Policy (IJPP), 4(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/ijpp.v4i1.6527

Nurhasanah, N., Wulandari, R., Rahmawati, D., Susanti, E. I., Afifah, D., Fikriani, D., Ado, Y., Wardani, B., & Lestari, G. D. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas: Lingkungan Belajar Partisipatid. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purba, O., Syamil, A., Nooraini, A., Sepriano, S., & Gunawan, A. F. (2023). Dasar Hukum & Analisis Tata Kelola Ibu Kota Negara Dari Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, A. A. P., Nuraini, P., Halida, H., & Fauzi, C. (2024). Pendampingan komunitas belajar pendidikan anak usia dini di daerah Ibu Kota Nusantara (IKN) Paser Penajam Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1025–1032. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23041

Rahardjo, B., Anwar, N. A. O., Putri, A. A. P., & Rozie, F. (2022). Teachers’ Role as Communicator and Motivator in Facilitating Early Childhood Sex Education in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2). https://doi.org/s: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49962

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878

Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848

Sjamsir, H., Liana, H., Aslinda, A., & Bulan, S. (2022). Advokasi Pengelolaan dan Layanan PAUD Berkualitas di Kota Samarinda. TAAWUN, 2(02), 245–255. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/taawun.v2i02.641

Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823

Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Ubaidillah, A. (2024). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Komunitas dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri Jayawijaya Papua. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 306–314. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i1.1107

Wardani, M. A. K. (2022). Implementasi Modifikasi Kurikulum Upaya Pengembangan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Autism. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.148-158

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ayu Aprilia Pangestu Putri, Tri Wahyuningsih, Hasbi Sjamsir, Halida Halida, Chandra Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by