Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Powerpoint

Ainurrahmi Ainurrahmi(1*), Nurhairunnisah Nurhairunnisah(2), Musahrain Musahrain(3), Kamarollah Hansani(4),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Samawa
(3) Universitas Samawa
(4) Universitas Samawa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i3.61166

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan dari IPTEK menjadi salah satu peluang bagi guru untuk salah satu peluang bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran. Bentuk pemanfaatan IPTEK seperti penggunaanan platform atau software dalam megembangkan media pembelajaran yang menarik, salah satunya PowerPoint. Namun guru di sekolah masih memiliki hambatan dikarenakan masih kesulitan dalam memanfaat tekologi terutama dalam mengembangan sebuah media pembelajaran efektif dan inovatif. Tujuan pelatihan ini adalah (1) Guru mengetahui dan memahami fungsi dari fitur yang ada dalam PowerPoint; (2) Guru mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan PowerPoint. Subjek penelitian ini yaitu guru-guru di Sekolah Dasar Negeri Kapassari sebanyak 9 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan klasikal tatap muka secara langsung menggunakan 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan refleksi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari. Hasil pelatihan ini menggunakan skala liker 4 diperoleh 80% guru sudah mahir dalam mengoperasikan atau memahami fungsi dari fitur yang ada dalam PowerPoint dan guru dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan PowerPoint. Proses pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik, pembuatan media pembelajaran interaktif seperti menambahkan materi dikombinasi dengan hyperlink, video pembelajaran dengan menggunakan dalam PowerPoint berhasil dilakukan. Kegiatan pelatihan ini membantu guru dalam mengembangan materi yang diberikan kepada siswa dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih kreatif dan menarik, sehingga siswa tidak merasa bosan sehingga siswa dapat dengan mudah untuk memahami materi.

Kata kunciPelatihan, Media pembelajaran, Interaktif, PowerPoint

 

ABSTRACT

The progress of science and technology is an opportunity for teachers to use learning media. Forms of utilizing science and technology such as using platforms or software to develop interesting learning media, one of which is PowerPoint. However, teachers in schools still have obstacles due to difficulties in utilizing technology, especially in developing effective and innovative learning media. The objectives of this training are (1) Teachers know and understand the functions of the features in PowerPoint; (2) Teachers are able to develop interactive learning media using PowerPoint. The subjects of this research were 9 teachers at the Kapassari State Elementary School. The method used in this training is a classic face-to-face approach using 3 stages, namely preparation, implementation and reflection. Training activities were carried out for 3 days. The results of this training using a liker scale of 4 showed that 80% of teachers were proficient in operating or understanding the function of the features in PowerPoint and teachers were able to develop interactive learning media with PowerPoint. The process of implementing the training went well, creating interactive learning media such as adding material combined with hyperlinks, learning videos using PowerPoint was successfully carried out. This training activity helps teachers develop the material given to students so that it can be presented in a more creative and interesting form, so that students do not feel bored so that students can easily understand the material.

Keywords: Training, Instructional Media, Interactive, PowerPoint


Keywords


Training; Instructional Media; Interactive; PowerPoint

References


Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powerpoint Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika. In UNIVERSITAS LAMPUNG.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 53. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm

Iasha, C., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Permainan Multiply Cards sebagai Media Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas II SDN Bojong Nangka 01 Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 109–116.

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nurhairunnisah, Safitri, A., Musahrain, Anglianingsih, O., & Afriani, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SD. 1(2), 66–70.

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.

Suryani, E., Nurhairunnisah, Merdekawaty, A., Aprianto, R., Musahrain, & Sri, N. W. (2023). Pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk guru smp it sumbawa. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 107–110.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Syaribuddin, Khaldun, I., & Musri. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 96–105. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School, 7(3), 6.


Article Metrics

Abstract view : 189 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Rahmi Ainur Ainurrahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by