Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba

Dahlan Dahlan(1*),

(1) Pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5964

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan pada pembelajaran, meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas III khususnya pada Kompetensi Dasar “Operasi Hitung Campuran, dan melatih siswa agar terampil menggunakan media. Manfaat penelitian ini bagi guru yakni terampil dalam menggunakan alat peraga/media Kartu Domino dan menerapkan metode diskusi. Bagi siswa untuk meningkatkan kemampuanya menerima pelajaran Matematika pada Kompetensi Dasar “Operasi Hitung Campuran”. Untuk menyelesaikan masalah yang timbul sebagai upaya pemecahanya adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus.Simpulan yang diperoleh setelah penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga kongkrit/media Kartu Domino dan metode diskusi hasil belajar siswa dapat meningkat.

Keywords


Keterampilan Operasi Hitung; Media Kartu Domino

Full Text:

PDF

References


Ali Imron,1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Gunartono. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

H. Din Wahyudin. 2001. Pengantar Pendidikan IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Mulyani, Sumantri, dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Pelatih TIM Sekolah, Jum. 2007. Apa dan Mengapa Pembelajaran Tematik. Semarang.

Prasetyo T.2004. Hubungan konsep diri dan kecemasan siswa dengan prestesi belajar IPA pada siswa SD yang diajar dengan pola SEQIP di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Rostina Sundayana, 2015. Media dan Alat peraga dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabeta.

Soedjadi, 2007 Masalah kontekstual Sebagai Batu Sendin Matematika Sekolah Dasar. Surabaya: Pusat Sains dan matematika Sekolah

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Yakarta: Rineka Cipta

Suhardjono, 2009. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah, Penerbit Cakrawala Indonesia (LP3 Universitas Negeri Malang)

Wardani, I.G.A.K. dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 2382 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Dahlan Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by