Pengembangan Alat Praktikum Fisika Pada Pokok Bahasan Hukum II Newton Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Priatna Pratama Rosidi(1*), Muhamad Gina Nugraha(2), Agus Fany Chandra Wijaya(3),

(1) Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5737

Abstract


Alat peraga merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran yang mampu membantu penyampaian informasi berupa konsep dari pendidik kepada peserta didik, terutama peserta didik dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran alat praktikum bagi anak tunanetra pada bahasan hukum II Newton. Metode penelitian Research and Development (R&D) model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang direduksi dari model 4-D Thiagajaran digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket penilaian kualitas isi dan tujuan, kualitas intruksional dan kualitas teknis digunakan pada uji coba terbatas pada dua tahap, yaitu uji ahli dan uji pengguna. Uji ahli pada penelitian ini dilakukan kepada 3 orang ahli media dan materi. Uji pengguna dilakukan kepada 3 orang pendidik dan 10 orang peserta didik kelas X SMA LB-A Kota Bandung. Hasil uji terbatas secara keseluruhan menunjukan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan masuk kedalam kualifikasi baik sehingga dapat digunakan yang ditinjau dari ketiga kualitas yang disebutkan.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus tunanetra; Media Pembelajaran; Alat Praktikum; Hukum II Newton

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1657 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Priatna Pratama Rosidi, Muhamad Gina Nugraha, Agus Fany Chandra Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by