“One Day Two Thousand”: Menuju Kemandirian Financial Pada Murid Kelas VI Sekolah Dasar

Maidalena Maidalena(1*), Annio Indah Lestari Nasution(2), Sri Ramadhani(3),

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.53611

Abstract


Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan siswa kelas VI SD di masyarakat mayoritas Muslim. Hasil tabulasi menunjukkan perubahan signifikan dalam pemahaman siswa tentang konsep dasar keuangan, termasuk kebutuhan, keinginan, pengeluaran, dan arti penting menabung. Meskipun pemahaman tentang perencanaan keuangan masih dalam tahap awal, perubahan positif ini mencerminkan upaya nyata dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola keuangan pribadi di masa depan. Sebelum program literasi keuangan, siswa memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, tetapi setelah program, terdapat peningkatan pemahaman yang ditunjukkan oleh angka presentasi jawaban benar yang lebih tinggi. Siswa sekarang lebih memahami konsep kebutuhan dan keinginan, pengeluaran yang bijak, dan pentingnya menabung. Program ini juga merangsang siswa untuk memikirkan perencanaan keuangan yang lebih baik, seperti membuat anggaran, mengelola utang secara bijak, dan bahkan mempertimbangkan investasi. Kegiatan ini juga menjalin kerjasama antara sekolah dan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam memperkenalkan produk-produk keuangan syariah. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, artikel ini menggarisbawahi pentingnya literasi keuangan yang berkelanjutan untuk siswa, yang akan membantu mereka menjadi lebih mandiri dalam mengelola keuangan mereka dan membuat keputusan keuangan yang cerdas di masa depan.

Keywords


Literasi Keuangan; Perencanaan Keuangan; Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Avonita, O. L., Tsalimna, U. M., Nisa, L., & Putri, B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini. Abdi Psikonomi. https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/349

Djuwita D, Yusuf AA. 2018. Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal J. Ekon. dan Perbank. Syari’ah 10: 105.

Elliehausen, G., & Board, F. R. (2018). Behavioral Economics, Financial Literacy, and Consumers’ Financial Decisions Gregory Elliehausen Federal Reserve Board. The Oxford Handbook Od Banking, October.

Hikmah, Y. (2020). Literasi keuangan pada siswa sekolah dasar di kota Depok, provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/16780

Huston, S.J. 2010. Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs 44(2): (Huston, 2010)296-312.

Ilyana, S., & Sari, R. C. (2015). Pengembangan Komik Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/10309

Marcus, W. (2018). Ain’t misbehaving: Behavioral economics and the making of financial literacy.

Ningrum, P. W., Sari, N. D. P., & ... (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2361

Puaschunder, J. (2022). Behavioral Economics. Contributions to Economics, 3, 3–48. https://doi.org/10.1007/978-3-031-15710-3_1

Rachmawati, N., & Nuryana, I. (2020). Peran Literasi Keuangan dalam Memediasi Pengaruh Sikap Keuangan, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Economic Education Analysis Journal, 166-181.

Rahayu, Y., & Nurfauziah, F. L. (2020). Saving Behavior In Generation Z. Sentralisasi, 9(2), 87-96.

Senjiati, I. H., Anshori, A. R., & ... (2018). Literasi Keuangan Syariah Bagi Anak School Age (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 SD Darul Hikam Bandung). http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article/view/3757


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Maidalena Maidalena, Annio Indah Lestari Nasution, Sri Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by