Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis (CaLis) Di SD Negeri Batulaccu
(1) Universitas Megarezky
(2) Universitas Megarezky
(3) Universitas Megarezky
(4) Universitas Megarezky
(5) Universitas Megarezky
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.40391
Abstract
Pelaksanaan program literasi sangatlah penting diterapkan di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Literasi merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu pelaksanaan program literasi sangatlah penting diterapkan di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SD Negeri Batulaccu. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SD Negeri Batulaccu. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 3. Tujuan Baca Tulis (CaLis) ini adalah untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik, menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dengan membaca berbagai macam informasi bermanfaat, meningkatkan pemahaman seseorang terhadap suatu bacaan, membuat seseorang bisa berpikir kritis dan memperkuat nilai kepribadian, dengan demikian disimpulkan penyuluhan atau edukasi penting untuk literasi Baca Tulis (CaLis) bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUNGAI MIAI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). PENGEMBANGAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR RAHMAH PACITAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36
Jusmawati, S., & Irman, R. (n.d.). Strategi Belajar Mengajar. Rizky Artha Mulia.
Kurniawan, H., & M. Hamid Samiaji, U. K. (n.d.). Literasi Parenting Agar Anak-Anak Kita Hobi Membaca, Senang Berpikir, dan Terampil Menulis. PT Elex Media Komputindo.
Padmadewi, N. N. dan L. P. A. (n.d.). Literasi di Sekolah Dari Teori ke Praktek. Nila Cakra Publishing House.
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
Article Metrics
Abstract view : 302 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jusmawati Jusmawati, Bellona Mardhatillah Sabillah, Yulmianthi Pongnupa, Elma Apriliniar, Muhammad Hajrim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by