Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis (CaLis) Di SD Negeri Batulaccu

Jusmawati Jusmawati(1*), Bellona Mardhatillah Sabillah(2), Yulmianthi Pongnupa(3), Elma Apriliniar(4), Muhammad Hajrim(5),

(1) Universitas Megarezky
(2) Universitas Megarezky
(3) Universitas Megarezky
(4) Universitas Megarezky
(5) Universitas Megarezky
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.40391

Abstract


Pelaksanaan program literasi sangatlah penting diterapkan di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Literasi merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu pelaksanaan program literasi sangatlah penting diterapkan di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SD Negeri Batulaccu. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SD Negeri Batulaccu. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 3. Tujuan Baca Tulis (CaLis) ini adalah untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik, menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dengan membaca berbagai macam informasi bermanfaat, meningkatkan pemahaman seseorang terhadap suatu bacaan, membuat seseorang bisa berpikir kritis dan memperkuat nilai kepribadian, dengan demikian disimpulkan penyuluhan atau edukasi penting untuk  literasi Baca Tulis (CaLis) bagi siswa.


Keywords


Literasi, Membaca, Menulis, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUNGAI MIAI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). PENGEMBANGAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR RAHMAH PACITAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36

Jusmawati, S., & Irman, R. (n.d.). Strategi Belajar Mengajar. Rizky Artha Mulia.

Kurniawan, H., & M. Hamid Samiaji, U. K. (n.d.). Literasi Parenting Agar Anak-Anak Kita Hobi Membaca, Senang Berpikir, dan Terampil Menulis. PT Elex Media Komputindo.

Padmadewi, N. N. dan L. P. A. (n.d.). Literasi di Sekolah Dari Teori ke Praktek. Nila Cakra Publishing House.

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663

Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331


Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jusmawati Jusmawati, Bellona Mardhatillah Sabillah, Yulmianthi Pongnupa, Elma Apriliniar, Muhammad Hajrim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by