Penanaman Nilai-Nilai Kebaikan Melalui Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Karakter

Abd Haling(1*), Pattaufi Pattaufi(2), Erma Suryani(3), Sudirman Sudirman(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39193

Abstract


Pendidikan nilai adalah pendidikan pengembangan pribadi anak dan remaja  tentang  sistem keyakinan sebuah masyarakat. Pendidikan nilai sasarannya adalah mengajarkan tentang hal yang baik yang harus dilakukan dan hal yang buruk yang harus dihindari. Usaha merealisasikan hal tersebut dengan berusaha penanaman nilai-nilai kebaikan melalui mengembangkan bahan ajar pendidikan karakter. Pendidikan karakter menfokuskan pada pengamalan nilai-nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Karakter merupakan sifat mental yang baik yang ditunjukkan dalam bertingkah laku sopan, murah hati, suka memaafkan, penuh cinta, rela berkorban, suka humor, tidak berlebihan, dan selalu taat dan takwa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan subjek adalah: pakar pendidikan, dosen dan mahasiswa. Bahan ajar yang dikembangkan diharapkan memiliki kesahan dan kepraktisan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran kebutuhan nilai-nilai karakter untuk pengembangan bahan ajar, yaitu:  konsep dasar pendidikan karakter, asas falsafat pendidikan karakter, dan budaya siri sebagai karakter bugis makassar. (2) Produk bahan ajar yang dihasilkan berada pada kualifikasi sangat valid, dan (3) tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap produk bahan ajar dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian produk bahan ajar pendidikan karakter yang dihasilkan adalah valid dan praktis, dan sesuai kebutuhan sasaran calon pengguna. Produk bahan ajar ini diharapkan agar dapat digunakan sebagai panduan pelaksanaan pendidikan karakter melalui perkuliahan.

Full Text:

PDF

References


Abd. Haling. Pengembangan Buku Panduang Pendidikan Karakter untuk menanamkan nilai-nilai karakter bagi mahasiswa. Makassar: FIP-UNM

Abd. Haling, 2009. Pengembangan model pendidikan karakter sebagai upaya mencegah kejahatan dan demoralisasi pada anak di sekolah dasar. Makassar: Lemlit-UNM.

Abdul Madjid dan Andayani, D. 2011. Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung: Remaja rosdakarya.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational research: an introduction. (third ed.) New York: David McKay.

Cresswell, J. W. 2005. Educational research. Second Edition. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Elmubarok, Z. 2008, Membumikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.

Furqon Hidayatullah, M. 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Haron Din, Hassan Salleh, Sulaiman Yasin & Sidi Gazali. 1999. Manusia dan Islam. Shah Alam: Percetakan AEE Sdn. Bhd.

Kilpatrick W. 1992, Why Johny can’t tell right from wrong. New York. Simon and Schuster, inc.

Lickona, T. 1992. Educating for character, how our schools can teach respect and responsibility. Bantam books, New York.

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mansyur Ramly. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Megawangi, R. 2004, Pendidikan karakter: Solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarta. Start energy.

Muslich, M. 2011. Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi aksara.

Pickthall, Y. A. 2002. Statistics of teens. Dikunjungi di Info@soundvision.Com.

Ramly, M. 2010, Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian pendidikan nasional badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum.

Republik Indonesia. 2003, Undang-undang nomor 20 tahun 2003, Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah RI, Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Salman. 2022. Pengembangan model pembelajaran Modernisasi Beragama pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan kesadaran beragama siswa. Makassar PPS UNM.

Saedah Siraj. 2008. Kurikulum Masa Depan. Kuala Lumpur. Universiti Malaya,

Sharifah Nor Puteh. 2008. Pendidikan Nilai dalam Kurikulum Persekolahan di Malaysia. Universiti Kebangsaan Malaysia.

Tafsir, Ahmad. 2004. Pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.

Taha, Z. 2010. Bahasa dan pendidikan karakter. Makassar: UNM.

Usman dkk, 2021 Pengembangan Program Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa. Makassar: FIP-UNM

Wynne, E. A., 1991, Character and academic in the elementary school. In J. S. Benigna (ed). Moral character, and civic education in the elementary school. New York. Teachers college press.

Yanti S.F. (2017) Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa. JOM FISIP.

Zuriah, N. 2007. Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi aksara.

Zubaidin. 2007. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 476 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Abd Haling, Pattaufi Pattaufi, Erma Suryani, Sudirman Sudirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by