Peningkatan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bilangan Asli Dengan Hasil Kali Sampai Dengan 100 Menggunakan Media Kelereng Bagi Siswa Tunanetra Kelas IV Di SLB A YAPTI Makassar

Purwaka Hadi(1*), Syamsuddin Syamsuddin(2), Faizal Faizal(3), Ananda Sakir(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39174

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar matematika perkalian siswa tunanetra. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar matematika perkalian bilangan asli dengan hasil kali sampai dengan 100 menggunakan Media Kelereng pada siswa tunanetra Kelas IV di SLB A YAPTI Makassar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra pada kondisi awal. 2) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra selama diberi perlakuan. 3) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra setelah diberi perlakuan. 4) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra melalui penggunaan Media Kelereng berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra total blind Kelas IV berinisial NF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) Hasil Belajar perkalian subjek NF sebelum diberikan perlakuan rendah. 2) Hasil Belajar perkalian subjek NF selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi. 3) Hasil Belajar perkalian subjek NF setelah dibrikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi, 4) peningkatan Hasil Belajar perkalian subjek NF berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan siswa rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek NF lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.

Full Text:

PDF

References


Arief, S. 2008. Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan Dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Metodelogi Penelitian. In Yogyakarta: Bina Aksara.

Aris, I. E., Nursehah, U., & Solehah, V. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajarkognitif Kelas Iv Di Sd Negeri Kebanyakan Kota Serang Banten Tahun Ajaran 2021/2022. Pelita Calistung, 3(02), 83–97.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gaya Media.

Durachman, D., & Cahyo, E. D. 2020. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematis Siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 56–74.

GTK DIKNAS. 2021. Petunjuk Teknis Pemberian Apresiasi Guru Dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar, Serta Pengawas Sekolah Inspiratif. Direktur Guru Pendidikan Dasar.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka, 294.

Hariko, R., & Anggriana, T. M. 2019. Reviewing The Role Of Families In Student Career Planning. Konselor, 8(1), 6. Https://Doi.Org/10.24036/0201981102526-0-00

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.

Hidayat & Suwandi. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. PT. Luxima Metro Indah.

La’lang, D. M. 2016. Pemanafaatan Bola Sebagai Alat Peraga Untuk Membantu Siswa Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB A) Memahami Konsep Perkalian.

Madhani, A. 2022. Penerapan Media Lego Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Murid Autis Kelas IV Di SLB YPPLB Makassar.

Mahpudin, M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 1.

Mangunsong, F. 2009. Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI.

Pendidikan Nasional, D. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Pp. 44–45). Dirjendikdasmen.

Puspitaningsari, M., & Febriana, A. 2021. Pengaruh Bermain Ulartangga Terhadap Gerak Langkah Lurus Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11300–11303.

Retno, Y. 2021. Pengaruh Media Gambar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MIN 8 Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Rohmah, S. A. 2011. Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Benda-Benda Konkret (Kelereng Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan: Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran Matematika Di Kelas 2sdn Cariu 03 Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2010-2011. Universitas Pendidikan Indonesia.

Setyaningrum, O. 2017. Faktor Penyebab Rendahnya Keaktifan Belajar Anak Tunanetra Kurang Lihat (Low Vision) Kelas 3 Sekolah Dasar Di Slb Negeri 1 Bantul. Widia Ortodidaktika, 6(1), 62–73.

Sidabutar, Y. A. 2022. Kemampuan Menulis Narasi Siswa (Dalam Tinjauan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Siregar, E. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sri, A. 2009. Media Pembelajaran. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Suhendri, H. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. 2006. Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Pres.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Kencana.

Utomo, B. P., Rahayu, G. R., & Hidayah, R. N. 2016. Pengukuran Validitas Konstruk Dan Reliabilitas Konsistensi Internal Serta Penerapan Script Concordance Test Dalam Menilai Kemampuan Interpretasi Citra Radiologi. Jurnal Radiologi Indonesia, 1(3), 159–165.

Wibawa, B., & Mukti, F. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.

Widjajanti, A., & Hitipeuw, I. 1995. Ortopedagogik Tunanetral. Depdikbud.

Widjaya, A. (2012). Seluk Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. Yogjakarta: Javalitera.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Purwaka Hadi, Syamsuddin Syamsuddin, Faizal Faizal, Ananda Sakir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by