Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Latang Latang(1*), Fatmawati Gaffar(2), Muh. Ilham(3), Purwaka Hadi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173

Abstract


Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media presentasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media presentasi powerpoint sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV.b sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas IV.a sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi bangun datar berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sampel t-test (uji-t). Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh sign.(2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media presentasi powerpoint berpengaruh secara segnifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar pada materi pokok Bangun Datar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Ratih, dkk. 2015. Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Latang Latang, Fatmawati Gaffar, Muh. Ilham, Bahar Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by