Sosialisasi dan Implementasi : Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PJOK Di Kabupaten Cianjur
(1) STKIP Pasundan
(2) STKIP Pasundan
(3) STKIP Pasundan
(4) STKIP Pasundan
(5) STKIP Pasundan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.37230
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464–473. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10568
Agustin, Puspita, Nurinten, & Nafiqoh. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Ainia. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Alsubaie, M. A. (2016). Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Candra, A. T., & Kurniawan, R. A. (2020). Journal STAND : Sports and Development. Journal STAND : Sports and Development, 1(1), 27–34. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stand/about/submissions
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zaqiah, & Erihadiana, M. (2022). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Jurnal Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Herlina, & Suherman, M. (2020). POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE ( COVID ) -19 DI SEKOLAH DASAR. Tadulako Journal Sport Science and Physical Education, 8(1), 1–7.
Husdarta, J. S. (2013). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Juditya, S, Rusmana, R., & Zakaria, D. A. (2021). Pendidikan Jasmani Di Tengah Tuntutan dan Perubahan Pembelajaran Abad 21. Maroones: Jurnal …, 1(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/maroones/article/view/5480%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/maroones/article/download/5480/3096
Juditya, Silvy, Zakaria, D. A., Hardi, V. J., Sutiswo, S., & Sunarsi, D. (2021). Digital Material Teaching: Learning Model and Learning Outcomes of Basketball. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(2), 134–140. https://doi.org/10.26858/est.v0i0.18375
Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.
Nurkholis, & Muhdi. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Pasani, C. F., Amelia, R., & Hassan, Z. (2021). Learning loss and education inequality in Indonesia (Mapping the potential, consequences, and the Covid-19 crisis). Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(10), 1171–1181.
Pintek. (2022). Ini Beda Kurikulum Merdeka Belajar dan Kurikulum Sebelumnya.
Qomarullah, R. (2015). “Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani (Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 76–88. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4591
Rahayu, Amalia, & Maulana. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 6(2), 1–6.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I. Banjarmasin: UrbanGreen Conference Procceding Libary.
Suyanto. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS.
Wahyuningsih. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.
Yudhistira, & Mardiani. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF: Arus Pemikiran Islam Dan Sosial, 15(2), 373–393. https://doi.org/https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.122
Article Metrics
Abstract view : 510 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Silvy Juditya, Veny Juniarni Hardi, Sri Widaningsih, Gugun Gunawan, Ani Pristiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.