Sosialisasi dan Implementasi : Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PJOK Di Kabupaten Cianjur

Silvy Juditya(1*), Veny Juniarni Hardi(2), Sri Widaningsih(3), Gugun Gunawan(4), Ani Pristiawati(5),

(1) STKIP Pasundan
(2) STKIP Pasundan
(3) STKIP Pasundan
(4) STKIP Pasundan
(5) STKIP Pasundan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.37230

Abstract


Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pendemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kebijakan ini mengharapkan satuan pendidikan dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Namun beberapa bulan kebelakang sebagai upaya pemulihan pembelajaran, pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak sekolah untuk menentukan kurikulum yang akan digunakan, diantaranya adalah kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka. Khususnya dalam kurikulum merdeka, satuan pendidikan dapat menerapkannya secara bertahap sesuai kesiapan masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, kiranya sudah sepatutnya setiap satuan pendidikan harus berupaya dapat menerapkan kurikulum merdeka ini, walaupun secara bertahap. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, kami selaku orang akademisi pada bidang pendidikan perlu kiranya memberikan pengetahuan terkait dengan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PJOK khususnya kepada para guru pada mata pelajaran tersebut. Beberapa metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah penyampaian menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta bimbingan tugas dalam pembuatan konten pelajaran PJOK berbasis kurikulum merdeka. Sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru PJOK mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Menengah, yang berada di Kabupaten Cianjur

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464–473. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10568

Agustin, Puspita, Nurinten, & Nafiqoh. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Ainia. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Alsubaie, M. A. (2016). Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Candra, A. T., & Kurniawan, R. A. (2020). Journal STAND : Sports and Development. Journal STAND : Sports and Development, 1(1), 27–34. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stand/about/submissions

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zaqiah, & Erihadiana, M. (2022). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Jurnal Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Herlina, & Suherman, M. (2020). POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE ( COVID ) -19 DI SEKOLAH DASAR. Tadulako Journal Sport Science and Physical Education, 8(1), 1–7.

Husdarta, J. S. (2013). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Juditya, S, Rusmana, R., & Zakaria, D. A. (2021). Pendidikan Jasmani Di Tengah Tuntutan dan Perubahan Pembelajaran Abad 21. Maroones: Jurnal …, 1(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/maroones/article/view/5480%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/maroones/article/download/5480/3096

Juditya, Silvy, Zakaria, D. A., Hardi, V. J., Sutiswo, S., & Sunarsi, D. (2021). Digital Material Teaching: Learning Model and Learning Outcomes of Basketball. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(2), 134–140. https://doi.org/10.26858/est.v0i0.18375

Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Nurkholis, & Muhdi. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Pasani, C. F., Amelia, R., & Hassan, Z. (2021). Learning loss and education inequality in Indonesia (Mapping the potential, consequences, and the Covid-19 crisis). Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(10), 1171–1181.

Pintek. (2022). Ini Beda Kurikulum Merdeka Belajar dan Kurikulum Sebelumnya.

Qomarullah, R. (2015). “Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani (Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 76–88. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4591

Rahayu, Amalia, & Maulana. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 6(2), 1–6.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I. Banjarmasin: UrbanGreen Conference Procceding Libary.

Suyanto. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS.

Wahyuningsih. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Yudhistira, & Mardiani. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF: Arus Pemikiran Islam Dan Sosial, 15(2), 373–393. https://doi.org/https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.122


Article Metrics

Abstract view : 1990 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Silvy Juditya, Veny Juniarni Hardi, Sri Widaningsih, Gugun Gunawan, Ani Pristiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by