Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Literasi, HOTS Bagi Guru SD Mitra PGSD BONE

Abd Hafid(1*), Muhammad Amin(2), Firdaus Firdaus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.37220

Abstract


Permasalahan prioritas yang dihadapi oleh mitra adalah tuntutan kebutuhan pembelajaran abad 21 yaitu keterampilan mitra menggunakan model pembelajaran yang inovatif, literasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) masih perlu ditingkatkan. Solusi yang ditawarkan adalah melatih mitra untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, literasi dan HOTS. Metode pengabdian dilakukan secara luring dengan menggunakan konsep Introduction, Connection, Application, Reflection and Extension (ICARE). Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan meningkatnya pemahaman dan keterampilan mitra dalam merancang dan mempraktikkan model project based learning dalam pembelajaran tematik yang mengintegrasikan aspek literasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

 

Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, literasi, HOTS


Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, and Zamromi Zamromi. 2018. “Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi.” Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan 1–87.

Bell, Stephanie. 2010. “Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.” The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas 83(2):39–43. doi: 10.1080/00098650903505415.

Blumenfeld, Phyllis C., Elliot Soloway, Ronald W. Marx, Joseph S. Krajcik, Mark Guzdial, and Annemarie Palincsar. 1991. “Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning.” Educational Psychologist 26(3–4):369–98. doi: 10.1080/00461520.1991.9653139.

Hoffman, Bob, and Donn Ritchie. 1998. “Teaching and Learning Online: Tools, Templates, and Training.” Society for Information Technology & Teacher Education International Conference 113–17.

Kaldi, Stavroula, Diamanto Filippatou, and Christos Govaris. 2011. “Project-Based Learning in Primary Schools: Effects on Pupils’ Learning and Attitudes.” Education 3-13 39(1):35–47. doi: 10.1080/03004270903179538.

Kemendikbud. 2017. “Panduan Gerakan Literasi Nasional.” Panduan Gerakan Literasi Nasional 50.

Larson, Lotta C., and Teresa Northern Miller. 2011. “21st Century Skills: Prepare Students for the Future.” Kappa Delta Pi Record 47(3):121–23. doi: 10.1080/00228958.2011.10516575.

National Research Council. 2012. Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. National Academies Press.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Abd Hafid, Muhammad Amin, Firdaus Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by