Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Capcut Bagi Guru SDN 14 Banyuasin 1

Murjainah Murjainah(1*), Kuswidyanarko Arief(2), Imansyah Farizal(3),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.36542

Abstract


SDN 14 Banyuasin I telah tersedia fasilitas pendukung untuk pembelajaran di kelas berupa proyektor, namun terdapat kendala guru kesulitan membuat bahan ajar digital  yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, solusi yang diberikan dan dilakukan melalui kegiatan PKM ini ialah workshop membuat video pembelajaran berbantuan CapCut bagi guru SDN 14 Banyuasin 1. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop, resitasi, peer teaching. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan PKM menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan workshop dengan memberikan materi kepada peserta terdapat peningkatan pengetahuan peserta dilihat dari hasil rerata pretest 59,17 dan rerata postest 80,83 dari hasil rerata tes tersebut terdapat peningkatan 44%. Selain itu, keterampilan peserta membuat video pembelajaran menunjukkan bahwa 85% peserta dapat membuat video pembelajaran berbantuan capcut ini terlihat dari hasil tugas membuat video  peserta dapat mengumpulkan tugas tepat waktu. Lebih lanjut, peserta juga dapat mengimplementasikan hasil karyanya ke dalam kelas bersama dengan siswa, dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran. Kegiatan PKM dapat menjadi rekomendasi bagi guru untuk menggunakan video pembelajaran berbantuan CapCut untuk pembelajaran pada siswa sekolah dasar.

 


Keywords


Workshop; video pembelajaran; berbantuan capcut; guru sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Astini, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 13-14.

Deriyan, L., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Aplikasi CapCut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 3-4.

Hikmah, V., & Purnamasari, L. (2017). Pengembangan video animasi "Bang Dasi" Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 183.

Isti , L., Agustianingsih, & Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 24.

Khairinal , K., Suratno, S., & Aftiani , R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Profesional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Managemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 459.

Leasa, M., Syam, F. A., Sayyadi, M., & Batlolona, J. (2020). Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol 10, No 1.

Murjainah, Tanzimah, Marleni, Laksana, R., Hera, T., Surmilasari, N., & Novianti, S. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Quizizz Untuk Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rambutan Untuk Pembelajaran Tematik . Wahana Dedikasi Vol.5 No 1.

Murjainah, Utomo, B., Putri, M., Nuranisa, Oktavia, M., Heldayani, E., . . . Asiyah, S. (2022). Pelatihan Online Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar dengan Menggunakan Arcgis bagi BAPPEDA Sumsel. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2, 90-98.

Suryaman , & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon dan CapCut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal CakrawalaPendas, 842-843.

Wati, D., Abdullah, K., Khairil, Handayani, S., & Khairunnisa, S. (2022). Workshop Pemanfaatan Aplikasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Video Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Jurnal, 190.

Zuriana, Halimah, & Lilyana , B. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1.


Article Metrics

Abstract view : 414 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Murjainah Murjainah, Kuswidyanarko Arief, Imansyah Farizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by