Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Rasmi Djabba(1), Nur Ilmi(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.35491

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 48 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dari penelitian ini adalah 25 siswa dan 1 guru kelas V SD Negeri 48 Parepare. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses belajar siswa berada pada kategori Baik (B) dan hasil belajar siswa berada pada kulifikasi Baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran  Kopoperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa  pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 48 Parepare.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak Utama.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1)

Lie, A. (2008). Cooperative Learning :Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11.

Octavia, Shilpy. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : CV Pilar Nusantara.

Trianto. (2002). Pendekatan dan Metode pmebelajaran. Malang : Depdiknas.

Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Journal of Public Sector Innovations . Vol.2 No.1

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. 1, 16.

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. 12.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Rasmi Djabba, Nur Ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by