Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar

Rosdiah Salam(1*), Syamsiah Djaga(2), Erma Suryani Sahabuddin(3), Abd. Halik(4), Yesi Pasila(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.34525

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual film kartun terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control GroupDesign, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VSD Inpres Mariso 1 kota Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan VB sebagai kelas kontrol dengan  jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes danlembarobservasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan yaitu analisis deskriptif dan hasil dari uji tersebut menyatakan bahwa sangat efekti, uji normalitas dan hasilnya normal, uji homogenitas dan hasilnyahomogen, uji regresi dan pengujian hipotesis menggunakan independent  samplet-test dan hasilnya terdapat pengaruh. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media audio visual film kartun pada kelas eksperimenya itu kelas VA dilakukan selama 3 kali pertemuan di luar kegiatan pretest dan posttest dan dapat di ketahui bahwa proses pembelajaran yang berlangsung sangat efektif dengan menggunakan media audio visual film kartun kepada siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Hasil keterampilan menyimak menggunakan media audio visual film kartun setelah menggunakan media audio visual film kartun meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media audio visual film kartun terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Da Ahmadzeni. 2008. Pengertian Film Animasi, (Online), (http://en.wikipedia.org/wiki/Film), diakses 14 Februari 2008

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).

Arikunto,Suharsimi.2019.ProsedurPenelitian; SuatuPendekatanPraktik.Jakarta:Rinekacipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmawan, Deni., Halimah, Leli. Dan Iskandar, Sofyan. 2006. Dasar Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI PRESS

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam MencapaiTujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta:Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Hidayah,Nurul.2016.PembelajaranBahasaIndonesia DiPerguruanTinggi. Yogyakarta:Penerbit Garudhawaca.

Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-NilaiSpritualitasdalamprosespembelajaran.Yogyakarta: PustakaBelajar.

Kurniawan,Heru.2015.PembelajaranKreatifBahasa Indonesia.Jakarta:Prenamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 371 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Rosdiah Salam, Syamsiah Djaga, Erma Suryani Sahabuddin, Abd. Halik, Yesi Pasila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by