Pengembangan Media PAKEM The Box Of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya Bugis-Makassar (Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi, Dan Sipatokkong) Sebagai Pemberdayaan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Erma Suryani Sahabuddin(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Salsabilla Nurzakinah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34333

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media PAKEM the Box of Pinisi sebagaireaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan danmengetahuikelayakanmediaPAKEMtheBoxofPinisisebagaireaktualisasipembelajaranpada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atauresearchanddelevopment(R&D)dengandesainpenelitianmenggunakanmodelADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulandatayangdigunakanadalahlembarvalidasiahlimateridanahlimedia,angketrespon/tanggapan guru dan siswa serta teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian inisecarakeseluruhansesuaikriteriaskalapenilaiankualifikasiproduk yaitupertamavalidasiahlimateridengankriteriasangatvalid.Kedua,validasiahlimediatermasukkriteriasangatvalid.Ketiga,hasiltanggapan/respongurutermasuksangatvalid.Terakhir,hasiltanggapan/respon siswa setelah dilakukan uji kelompok kecil dan uji kelompok besarmemperoleh masing-masing nilai dengan kriteria sangat valid. Dengan adanya penelitianini,penelitiselanjutnyadapatmengembangkanmediaPAKEMtheBoxofPinisiyanglebihmenariklagiminatsiswa.

Full Text:

PDF

References


Dinny, M. (2021). 6 Fakta Menarik Bantaeng Kampung Halaman Pembuat Kapal Pinisi. Artikel Liputan 6, Jakarta.

Erdiana, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran monopoli keragaman Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV MI Nasyrul Ulum Bocek Karangploso Kabupaten Malang. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160. Julianto, I. N. L. (2019). Interaktivitas Warna Sebagai Rangsang Visual Pada Ruang Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1–3 Di Kota Denpasar. In Sandyakala:

Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 56–64.

Kaddi, S. M., & Dewi, R. S. (2017). Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi, Sipattokong (Studi Komunikasi Antarbudaya Perantau Bugis di Kota Palu, Sulawesi Tengah) Sitti. Konferensi Nasional Komunikasi, 01(01), 347–357.

Kotsonis, A. (2019). Safeguarding against failure in intellectual character education: The case of the eristic agent. Theory and Research in Education, 17(3), 239– 252. https://doi.org/10.1177/1477878519893955.

Nuryanti, E. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Play-teach-play Terhadap Leterampilan Gerak Dasar Siswa Kelas III SD Negeri Biru Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun ajaran 2018/2019-SK. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, July, 1–23.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suharno, S. (2020). Budaya Siri, Na Pacce dan Sipakatau Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1).

Sutiyono, W. R. Dan. (2019). Bentuk Kapal Pinisi Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis Dengan Media Tanah Liat. Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 17.

Syarif, I., Elihami, E., & Buhari, G. (2021). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar. DuPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 69–77.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Erma Suryani Sahabuddin, Ahmad Syawaluddin, Salsabilla Nurzakinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by