Whatsapp sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Sayidiman Sayidiman(1), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2*), Febrianti Febrianti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34329

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian expost facto. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penggunaan whatsapp, hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost-facto. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu whatsapp dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga dengan sampel 41 siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil hipotesis statistik inferensial pada penggunaan whatsapp adalah 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga  Kota Makassar.

Full Text:

PDF

References


Afnibar., Dyla. F. N. 2020. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar.Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 70-83.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 282-289.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19.LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Cahyani, A., Iin. D. L., & Sari. P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Daheri, M., Juliana., Deriwanto., Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Daring.Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783..

Hakim, L. (2016).Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Hamdani, A. R., Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.

Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33. https://doi.org/10.20414/jtg.v17i1.667

Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. FKIP, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Jambi.

Pagarra, H. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 6(3), 205.

Pagarra, H., dll. 2020. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10(3), 264.

Rahma, F. I. (2019). (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Saragih, E. M., Anis, R. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik.Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 207-212.

Sayidiman, S. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Publikasi Pendidikan, 2(1).

Syawaluddin, A., Faisal, M., & Risal. 2018. Pengaruh Metode SAS (Struktura Analisis Sintesis) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(3), 244.

Trisnani.(2017). Pemanfaatan WhatsappSebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat.Jurnal Komunikasi,Media dan Informatika, 6(3), 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Sayidiman Sayidiman, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Febrianti Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by