Reposisi Musik Tradisional di Zaman Teknologi

Khaeruddin Khaeruddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34327

Abstract


Reposisi musik sesungguhnya telah terjadi sejal Genre musik, Fashion dan Lifestyle Western menjadi kiblat baru. Artinya:reposisi adalah penempatan kembali ke posisi semula atau penataan kembali ke posisi yg baru dan  penempatan ke posisi yg berbeda. Kemunculan band populer menjadi contoh keadaan dimasa lalu,  musik modern sudah membius anak muda sejak tahun 60an.  Reposisinya (Penataan, penyusunan dalam berbagai bentuk)  dengan segala atribut teknologi, kelompok musik saat itu sudah peduli terhadap musik daerah. Hal ini dibuktikan dengan kolaborasi antara gamelan Sunda dengan musik mereka atau musik pakarena dankomposisi musik moderen. Hal yang patut diapresiasi. Contoh lainnya adalah Koes Ploes yang musiknya sangat dipengaruhi oleh The Beatles. Presiden Soekarno yang kala itu sangat concern terhadap arus westernisasi, sempat menyeret grup band ini ke penjara karena seringkali menyanyikan lagu dari John Lennon cs. Ada nilai luhur yang terkandung dalam musik tradisional yang menjadi ciri khas budaya Indonesia. Dan, sudah menjadi tugas bagi pemuda untuk turut melestarikannya. Contoh perkembangan musik yang saat ini lagi trending sebagai repleksi darirekontrusi musik adalah  langgam milenial  dan beberapa grup lainnya yang memainkan genre musik daerah dengan media teknologi, instrument musik modern digabungkan dengan alat musik daerah. Mereka mereposisi lebih cepat dan bias lebih cepat eksis secara luas melalui media sosial baik di youtube, instagram, facebook, hologram dan media lainnya. Teknologi dan modernisasi di bidang musik bukanlah hal baru sebagai bentuk teposisimusik tradisional. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 60an hingga 70an, Indonesia sudah mengalami invasi musik barat. Pengaruh yang paling besar tentu saja dari The Rolling Stones dan The Beatles. Walaupun media internet belum sederas saat ini, namun musik Western sudah mampu menghipnotis anak muda saat itu. Meskipun demikian, musik Indonesia juga mampu mengimbangi dengan munculnya grup-grup musik seperti Soneta Grup, dan beberapa grup musik lainnya, bahkan musik daerah Indonesia juga mampu mengimbangi dengan grup-grup musik seperti langgam keroncong, Orkes Tu Riolo, campur sari dan lain-lain. Tulisan ini menelusuri persoalan reposisi musik di jaman teknologi yang saya batasi pada ruang: Musik Tradisional Kini, Reposisi Produksi Musik, Pemtingnya Musik Tradisional, Munculnya Genre Musik Moderen, Musik tradisional dan genre modern,Tempat Musik Tradisional di Era Moderen. Semoga dapat memperkaya literasi musik khususnya musik tradisiona.


Full Text:

PDF

References


Becker, J., Morley, I. dan Trehub, S., E. 2015. Perspektif Lintas Budaya tentang Musik dan Musikalitas. Diperolehdari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/ PMC4321137/ di 16/02/20.

Butete, V., B. 2013. "Diffusionism" dan pengaruhnya pada Musik tradisional: studi kasus musik tradisional kontemporer oleh Victor Kunonga : Departemen Musik dan Musikologi, Universitas Negeri Midlands. Gweru , Zimbabwe .

Campbell, P., S. 1996. Musik dalam Konteks Budaya: Delapan Pandangan tentang Musik Dunia : Reston. Musik Musyawarah Nasional Pendidik.

Epstein, D., J. 1977. Lagu Berdosa dan Spiritual : Musik Rakyat Hitam untuk Perang Saudara . Chicago: Pers Universitas Illinois.

Geertz, C. 2003. The Interpretation Of Budaya Dipilih Essays. Di New York, Penerbit Buku Dasar, Inc.

H aecker, A., A. 2012. Musik Paduan Suara Afrika Selatan Pasca-Apartheid: Analisis Terintegrasi Gaya Musik Dengan Contoh Spesifik oleh Komposer Afrika Selatan

Hasanov,EL.2016. Basis Inovatif Penelitian Fitur Teknologi BeberapaTradisi Kerajinan Ganja (Pada sampel karpet abad XIX). Jurnal Internasional Pendidikan Lingkungan dan Sains, 11 (14), 6704–6714.

Levinson, S. 2014. Gambar dan Simbol. Gambar Dunia Objektif . Universitas Cambridge

Pers, Cambridge., 420.

Mukhitdenova, B., M. 2016. Lagu Tradisional Rakyat, Vokal dan Profesional Sebagai Basis untuk

Pengembangan dan Modernisasi Bentuk Baru Panggung Musik Kazakh . IEJME —

Pendidikan Matematika 2016, VOL. 11, TIDAK. 9, 3203-3219.

Miller, S., J.2017 . 10 Karakteristik Musik. Hiburan kami . Diterima dari https://ourpastimes.com/kinds-of-harmonies-12573613.html pada 13/02/20 .

Moravcsik, M., J. 2001. Suara Musik: Sebuah Pengantar Fisika Musik .

ISBN 978-0 -306-46710-3 .

Muparutsa, T. 2013. Transformasi dalam Musik Tradisional Zimbabwe Amerika Utara .

Tesis Doktor. Edmonton, Alberta: Universitas Alberta.

Sumber Internet

https://www.loc.gov/collections/songs-of-america/articles-and-essays/musikal-styles/traditional-and-ethnic

http://loovomusik.blogspot.com/2013/02/eksistensi-musik-tradisional-di-era-modern.html


Article Metrics

Abstract view : 345 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Khaeruddin Khaeruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by