Upaya Pengembangan Bakat dan Minat Dalam Meningkatkan Kemampuan Musikal Melalui Media Keyboard

Andi Ihsan(1*), Jesika Jesika(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34311

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pengembangan bakat dan minat dalam meningkatkan kemampuan musikal melalui pelatihan alat musik keyboard pada Jemaat Imanuel Padang Sappa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan penekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket yang  dianalisis dengan cara mereduksi, mendisplay  dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan bakat jemaat Imanuel Padang Sappa dalam memainkan keyboard terdapat tiga langkah yang dilakukan yaitu persiapan yang berarti mempersiapkan hal-hal yang penting dalam pelaksanaan pelatihan keyboard, yang kedua yaitu pemberian materi yang menggunakan model orientasi visual dari Djohan, dalam model orientasi visual ini terdiri dari tiga tahapan yaitu membaca notasi, penyajian musik yang dilatih dan main melalui pendengaran. Dalam membaca notasi peneliti memberikan partitur kidung jemaat 26 dalam hal ini peneliti mengajarkan kemudian meminta peserta pelatihan membacanya, setelah mengetahui membaca notasi angka partitur lagu kidung jemaat selanjutnya menyajikan/mempraktekkan pada keyboard dengan lagu yang diberikan, dan yang terakhir adalah evaluasi yang berarti melihat pencapaian atau keberhasilan peserta pelatihan. Hasil/capaian peserta pelatihan dalam pengembangan bakat memainkan keyboard dibuktikan dengan hasil pretest sebelum pelatihan keyboard dan  post test pada tahap evaluasi, dari hasil tersebut membuktikan bahwa hasil pretest menunjukkan rata-rata peserta pelatihan  belum bisa dalam pengenalan fitur-fitur, membaca notasi, dan memainkan keyboard tetapi setelah diberikan pengajaran pelatihan keyboard (Post test) pada tahap evaluasi yang berupa tes keterampilan rata-rata peserta pelatihan/anggota jemaat bisa dalam pengenalan fitur-fitur, membaca notasi (menekan tuts akord dan melodi), dan memainkan keyboard dengan lagu yang diberikan dan dengan presentase peningkatan dari pretest sampai posttest sebesar 50,73%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Campbell, Don. 2001. Efek Mozart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Demmanangnga, Hein. 2013. Musik Dalam Gereja. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja ( STAKN).

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Juarsih, Ipit. 2019. Pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler seni musik madrasah ibtidaiyah darul hikmah bantarsono kecamatan purwokerto barat. IAIN Purwokerto.

Hidayati, Irma Nur. 2020. Upaya Pengembangan Bakat dan Minat Siswa melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MTS Negeri 1 Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Jakarta: Balai Pustaka.

Mardalis, 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Martasudjita, E. 2001. Musik dan Nyanyian Liturgi. Yogyakarta: Kansius.

Mentaruk, Petice. 2009. Musik Dalam Ibadah. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja ( STAKN).

Miller, Hugh M. 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media.

M.S.J.S,Renzulli, dan L.H. Smith. 1981. The revolving Door Indentification Model. USA: Creative Learning Press, Inc.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, S. C Utami. 2014. Kreativitas dan Keterbakatan strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar Offset.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1982. Evaluasi Pendidkan. Surabaya: Usaha.

Rakhmat, Cece. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

S. Margono. 2010 Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pusatka Setia.

Stiggins, R. J. 1994. Students-Classroom Asessment. New York: Merill Macmillan Colege Publishing Company.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikn Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlFABETA.

Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryanto, Lisa K. D. 2014. Pengaruh Musik Iringan Ibadah Impresif terhadap Jumlah Jemaat GKI Gejayan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wilson, Jhon F. 2004. An introduction to Church Music”, dalam Christian I. Tamaela Kontekstualisasi Musik Gereja .

Zuhairi, et.al. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers


Article Metrics

Abstract view : 456 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Andi Ihsan, Jesika Jesika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by