PKM Pelatihan Merancang Pembelajaran Daring yang Menyenangkan di Masa Pandemi Bagi Guru SD di Kab. Takalar

Syamsiah Djaga(1), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2*), Syamsuryani Eka Putri Atjo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.32450

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru sekolah dasar dalam menyusun pembelajaran daring yang menyenangkan di masa Pandemi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru mengembangkan kompetensi guru dalam mengajar secara daring di masa pandemi. Metode pengabdian ini menggunakan metode seminar dan pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah guru mampu mengajar secara daring berbantu E-LKPD. Implikasi pengabdian ini adalah sebagai acuan oleh praktisi pendidikan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar secara daring.


Full Text:

PDF

References


Asih Theffidy, S. G. (2020). Guru Di Era Revolusi Industri 4.

Chaeruman, Uwes Anis. (2017). PEDATI, Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Chaeruman, Uwes Anis. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Di Era Tatanan Baru. Kwangsan, 8(1), 142-153. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153

Chaeruman, U. A. (2019). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning Model. Jurnal Teknodik, 17(4), 053–063.https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577

Hasanah, D. S. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pendidikan Pelatihan, 11(2), 90– 105.http://jurnal.upi.edu/3451/view/1347/pen garuh-pendidikan--latihan-(diklat)- kepemimpinan-guru--dan-iklim-kerja- terhadap-kinerja-guru-sekolah-dasar-se- kecamatan-babakancikao-kabupaten-

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 Di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), 15, 1–16.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (1st ed.). KENCANA.

Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar Dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Di Smk Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67–75. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ Katalogis/article/view/6482

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan PerspektiF (D. H. Santoro (ed.)). MBridge Press.

Yudhanto, Y., Yang, Y., Cornelius, L. F., Sulistyanto, M. P. T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., Asrori, W., Pambudi, A., Njeru, A. M., Omar, M. S., Yi, S., Paracha, S., Wannous, M., Junaidi, A., Iot, D., Daya Negeri Wijaya, Davies, T., Cahyono, G. H., ... Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. Proceedings of the 2017 IEEE International Conference on Applied System Innovation: Applied System Innovation for Modern Technology, ICASI 2017, 1(3), 131. https://doi.org/10.1109/ICASI.2017.7988 469


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Syamsiah Djaga, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Syamsuryani Eka Putri Atjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by