Pendampingan Pemilihan Model Pembelajaran Ditinjau Dari Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar
(1) PGSD, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat
(2) PGSD, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat
(3) PGSD, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.31856
Abstract
Hasil observasi yang menunjukkan bahwa para guru di SD Negeri 2 Sungai Betung mengalami kesulitan dan kendala ketika diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, selain itu penggunaan model pembelajaran juga belum bervariatif. Proses pembelajaran yang dilakukan berfokus pada penyampaian materi ajar pada siswa tanpa memperhatikan pemilihan model yang tepat serta penggunaan teknologi sebagai media dalam pembelajaran masih tergolong rendah. Hal ini terlihat pada strategi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan yakni dengan membentuk kelompok belajar, dan memberikan pengajaran di rumah siswa. Selanjutnya metode mengajar yang digunakan adalah penugasan. Proses pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dan penggunaan model pembelajaran belum dilakukan. Pendampingan tersebut diilakukan dalam bentuk pengajaran dan pelatihan mengenai model pembelajaran dan manfaat teknologi sebagai media ajar serta mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran sehingga tercipta strategi ajar dengan memanfaatkan teknologi yang berintegrasi dengan model pembelajaran. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui tahap diskusi, memberikan penjelasan mengenai jenis dan ragam model pembelajaran dengan memperhatikan perkembangan kognitif siswa dengan media pembelajaran daring, kemudian memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran daring. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu semester dan diakhiri dengan evaluasi. Pendampingan pemanfaatan media teknologi berintegrasi model pembelajaran dilaksanakan dengan skema pengabdian kemitaan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F. (2017). Guru SD di Era Digital. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Haryanto, U. F. (2020, 4 25). Menegosiasikan Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. Tanjungpinang: kepridays.co.id. From https://kepridays.co.id/2020/04/25/menegosiasikan-pembelajaran-di-tengah-wabah-covid-19/
Kemendikbud.go.id. (2020, 3 24). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: kemendikbud.go.id. From https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 489-497.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.
Ridha, M. (2018, 1 29). Menjadi Guru di Era Digital. Jakarta. From https://geotimes.co.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/
Sa’diyah, I., Savitri, A., Widjaya, S. F. gading, Wicaksono, F., & Wibisono, A. D. R. (2021). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru SD / MI melalui Pelatihan Media Pembelajaran Edugames Berbasis
Sibuea, M. F., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Sosial Research, 3(1), 73-77.
Sunanjar, F. (2016). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Kompasiana. From https://www.kompasiana.com/mbie/58249571ee9273a5078b4568/pemanfaatan-tik-untuk-pembelajaran-sd
Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196-201.
Turmuzi, M., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika SD di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 213–220.
Article Metrics
Abstract view : 247 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pebria Dheni Purnasari, Margaretha Lidya Sumarni, Yosua Damas Sadewo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by