Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Kampus V Universitas Negeri Makassar Pare-pare

Nur Ilmi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.31822

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa Kampus V Parepare UNM. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kampus V Parepare UNM. Sedangkan sampelnya siswa kelas D Angkatan 2019 sebanyak 24 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sumpling. Untuk mengukur besar motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan tingkat motivasi belajar yaitu attention, relevance confidence, dan satisfaction. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket motivasi belajar secara online melalui googleform. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil analisis data motivasi belajar mahasiswa kelas D angkatan 2019 Kampus V Parepare UNM dalam pembelajaran daring dengan frekuensi paling banyak berada pada ketegori tinggi yaitu sebanyak 18 mahamahasiswa dengan presentase 75,0%, selanjutnya pada kriteria sangat tinggi sebanyak 5 mahasiswa dengan presentase 20,8%, pada kriteria sedang sebanyak 1 mahasiswa dengan presentase 4,2%, berikutnya pada kriteria rendah sebanyak 0 mahasiswa dengan presentase 0% dan pada kriteria sangat rendah sebesar 0 mahasiswa dengan presentase 0%. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2019 kelas C19D Kampus V Parepare motivasi belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran daring

Keywords


Motivasi Belajar; Mahasiswa; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. H. 2020. Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Menin-gatkan Motivasi Belajar Maha-siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusan-tara. Vol. 6 (1): 184–198.

Asrori. 2020. Psikoligi Pendidikan Pen-dekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena

Donni Juni Priansa, Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran, (Bandung:

Alfabeta, 2015), h. 132.

Firman & Sari Rahayu Rahman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES. Vol. 02, Nomor 02. Hal 81-89.

Fitriach, N.W. 2020. Permodelan Pembelajaran IPA dengan Teknik Two Stay Two Stray. Tangerang: Indocamp.

Hidayat, Mutik & Man Bangkalan. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Mahasiswa Kelas Ix Ips

Di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 3 Nomor 1. Hal 103-114.

Noor, J. 2017. Metode penelitian. Jakarta: Kencana.

Parnawi, A. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi

Persada.

Purwa, Atmaja Prawira. Psikologi Pen-didikan dalam Perspektif Baru, (Jogjakarta: ArRuzz Media, 2013), h. 320

Qomusuddin, I.F. 2019. Statistik Pen-didikan. Yogyakarta: CV Bumi Utama.

Sari. N., Sunarno, W., & Sarwanto. 2017 Analisis Motivasi Belajar Maha-siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 3 (1)


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nur Ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by