Analisis Dampak Implementasi Kurikulum MBKM PGSD UNIKAMA Terhadap Kearifan Lokal

Cicilia Ika Rahayu Nita(1), Farida Nur Kumala(2), Nyamik Rahayu Sesanti(3), Arief Rahman Hakim(4*), Andika Gutama(5),

(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
(4) Universitas Kanjuruhan Malang
(5) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.30111

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM terhadap kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan tahapan mendesain, melaksanakan, menganalisis hasil, dan menuliskan hasil survey. Populasi survey adalah dosen, mahasiswa dan tendik di lingkungan Prodi PGSD Universitas PGRI  Kanjuruhan Malang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Jumlah responden dari penelitian ini adalah 13 dosen dan 386 mahasiswa prodi. Pengembangan dan Implementasi kurikulum program MBKM pada prodi PGSD mendukung nilai kearifan lokal yang ditetapkan pada Visi keilmuan Prodi. Hal ini dalam mencapai Visi dan Misi Prodi PGSD. Bentuk kegiatan MBKM yang diterapkan prodi dapat membantu  dosen   dalam  mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni kepada mahasiswa yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menunjukkan informasi dampak positif terhadap kearifan lokal. Oleh sebab itu penting bagi prodi untuk melakukan survey ketercapaian visi misi yang mengandung nilai karifan lokal pada kegiatan akademik yang telah dilaksanakan. Survey tersebut dilakukan secara berkala dan terstruktur dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar nilai kearifan local yang menjadi penciri khusus prodi PGSD Unikama berdampak pada kualitas lulusan mahasiswa.


Keywords


MBKM; Kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Fatah, A. (2021, August). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra dalam Pelaksanaan Magang pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 282-290).

Haris, A., Elly, M. I., & Tjahjaningsih, Y. S. (2021). The Effectiveness of" Freedom of Learning-Independent Campus" Program on Panca Marga University. Praniti Wiranegara (Journal on Research Innovation and Development in Higher Education), 1(1), 26-39.

Rohiyatussakinah, I. (2021). Implementation of MBKM and the Relationship of Curriculum Policy based on a Case of EFL Education in Japan. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 4(2), 39-50.

Sleman. In RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences (Vol. 1, No. 3, pp. 411-418).

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Susilawati, C. D. K., Tin, S., & Suteja, B. R. (2021). Implementation of MBKM Continuously in humanities social studies program at uk maranatha.

Tallar, R. Y., Malinda, M., Pattipawaej, O., & HAS, P. M. (2021). Gibah (internal initiative Movement program for grants): a viable implementation of mbkm program in science major at universitas kristen maranatha.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Zuhrohtun, Z., Heriningsih, S., Sunaryo, K., & Sriyono, S. (2021, October). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Collaboration with BUMDes Sari Dewi, Maguwoharjo,

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307-6317.

Daniah. (2014). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh

Wardani N. (2020). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Karakter. Universitas Muhammadiyah Semarang

Deni S., Siti M., Qiqi Y.,& Mohamad E. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. UIN Gunung Djati

Rosita & Damayanti. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 42-49. Universitas Wijaya Kusuma

Baharudin M. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1),195-205. Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

Jamaludin. (2015). Mengenal Elektronik Jurnal Dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Karier Pustakawan. Jamaluddin / Jupiter Vol. Xiv No.2 (2015). UPT Perpustakaan Unhas


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Cicilia Ika Rahayu Nita, Farida Nur Kumala, Nyamik Rahayu Sesanti, Arief Rahman Hakim, Andika Gutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by