Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Menggunakan Jurnal Ilmiah Sebagai Sumber Belajar Di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Syahruni Karim(1*),

(1) STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.2856

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran Mikrobiologi untuk mahasiswa semester VI di Universitas Negeri Alauddin Makassar. Modul pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall (1983) terdiri atas 6 tahap.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar Mikrobiologi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dengan subjek penelitian meliputi satu kelas yang terdiri 27 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi modul pembelajaran, satuan acara perkuliahan, respon mahasiswa dan tes hasil belajar. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul pembelajaran Mikrobiologi memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) aktivitas mahasiswa berjalan sesuai dengan yang diharapkan (2) respon mahasiswa dan respon pengajar memenuhi kriteria respon positif yaitu melebihi 50%, dan (3) hasil belajar mahasiswa memenuhi penilaian acuan pembelajaran yaitu rata-rata 75,26 atau 88,89%. Berdasarkan hasil uji coba menunjukkan bahwa modul pembelajaran Mikrobiologi dengan jurnal ilmiah sebagai sumber belajar memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

 

Kata Kunci:  Bahan ajar, jurnal ilmiah,  model pembelajaran Borg and Gall (1983)

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 851 times | PDF view : 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Syahruni Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by