Pendampingan Kegiatan Eduekowisata Melalui Potensi Alam Curug Goong dan Kawasan Konservasi bagi Guru dan Siswa di Desa Gekbrong
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(4) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(5) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(6) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.28190
Abstract
Kampung Tabrik Desa Gekbrong menjadi salah satu kampung yang menjadi kampung eduekowisata. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengembangkan eduekowisata bagi Kampung Tabrik Desa Gekbrong melalui pelatihan – pelatihan untuk mendukung eduekowisata tersebut. Pelatiahnnya diantaranya adalah pelatihan Metode pengabdian masyarakat ini meliputi pendampingan eduekowisata yang terbagi dalam dua kegiatan yaitu pelatihan dan perbaikan saran – prasarana di Kampung Tabrik Desa Gekbrong. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dari analisis situasi dan kebutuhan, identifikasi masalah, penentuan program kegiatan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi 2 kegiatan utama yaitu pelatihan berupa peningkatan ekowisata curug Goong dan Kampung Tabrik sebagai desa eduekowisata dan edukasi yang mendukung kegiatan ekowisata berupa pelatihan pendidikan konservasi bagi siswa dan guru di SDN Gekbrong 03, pelatihan pembuatan website, dan pelatihan local guide. Pendampingan ekowisata yang dilaksanakan berupa 1) perbaikan 3 homestay, 2) pembuatan papan arah dan himbauan, pembuatan spot selfie “I Love Gekbrong”, 4) pembuatan akses jalan ke Curug Goong, dan 5) pembuatan website Curug Goong. Pengabdian masyarakat ini mengelaborasi kegiatan eduwisata dan ekowisata sebagai dasar inisiasi pembentukan Desa Gekbrong Cianjur sebagai Kampung Eduekowisata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aboe, R. M., & Ibrahim, M. (2019). PENGEMBANGAN COMMUNITY-BASED TOURISM ( PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT ) DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI KASTELA Pada kegiatan PKM ini berbasis Program Kemitraan dimana Universitas Khairun sebagai. 2(1), 45–53.
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2131
Astuti, M., & Nurdin, R. (2022). Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1041
DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf11425 Pendampingan Program Pengembangan Ekowisata Mangrove dengan Kegiatan Konservasi Lingkungan Khambali. (2020). 11, 442–445.
Febriani, A. (2021). Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. 1–29.
INSTITUT ILMU KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI. (2015). PEDOMAN UMUM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Vol. 151). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Manahampi, R. M., Rengkung, L. R., Rori, Y. P. I., & Timban, J. F. J. (2015). Peranan Ekowisata Bagi Kesejahteraan Masyarakat Bahoi Kecamatan Likupang Barat. Agri-Sosioekonomi, 11(3A), 1. https://doi.org/10.35791/agrsosek.11.3a.2015.10181
Melati, I. S., Raeni, R., & Harnanik, H. (2019). Pendampingan Pengembangan Ekowisata Dengan Pendekatan Lingkungan Di Embung Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 172. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4841
Mojokerto, D. I. K., & Banyuwangi, P. N. (2018). PENGEMBANGAN AIR TERJUN DLUNDUNG UNTUK. 2(2), 93–105.
Murdjito, G. (2012). Pelatihan Metode Pengabdian Masyarakat.
Noorhayati Sutisno, A., & idayat Afendi, A. H. (2018). Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Jurnal Ecolab, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.20886/jklh.2018.2.1.1-11
Noorhayati Sutisno, A., & idayat Afendi, A. H. (2018). Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Jurnal Ecolab, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.20886/jklh.2018.2.1.1-11
Reindrawati, D. Y. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Kampung Wisata Lawas Maspati Sebagai Destinasi Unggulan Baru Surabaya. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada …, 3(2), 201–211. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/302
Satrio, Y. D., Basuki, A., & Kustiadi, J. (2021). Penguatan Ekowisata Melalui Pelatihan Trainer Outbound di Desa Selorejo, Kabupaten Malang. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2621
Wasidi, Amran Achmad, M. H. J. (n.d.). Strategi Pengembangan Ekowisata Karst Pada Obyek Wisata Air Terjun Sri Getuk Di Kabupaten Gunungkidul. 30.
Article Metrics
Abstract view : 108 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lelly Qodariah, Agus Pambudi Dharma, Sri Lestari Handayani, Prima Mutia Sari, Sindu Asmara, Naurah Fajrin Narulita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.