Pengembangan Rumah Baca Tiara Veritas Cikande

Yubali Ani(1*), Chandra Han(2), Wiputra Cendana(3), Grace Solarbesain(4), Hernawati Siahaan(5),

(1) Universitas Pelita Harapan
(2) Universitas Pelita Harapan
(3) Universitas Pelita Harapan
(4) Universitas Pelita Harapan
(5) Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.28039

Abstract


Rumah baca Tiara Veritas merupakan rumah baca yang yang menyediakan buku-buku cerita bagi masyakarat sekitar, khususnya anak- anak usia sekolah. Rumah baca ini memiliki kepedulian dalam mengembangkan minat baca anak-anak usia sekolah. Hampir setiap hari ada sekitar 20-30 anak-anak usia sekolah datang untuk membaca buku baik secara mandiri maupun dipandu oleh pengajar. Rumah baca Tiara Veritas bersinergi dengan kampus Universitas Pelita Harapan untuk mengembangkan rumah baca tersebut yang berlokasi di daerah Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang sekitar 40 KM dari kampus UPH Karawaci. Rumah baca yang ideal seharusnya memiliki tempat yang nyaman untuk anak-anak membaca dan beranekaragam buku cerita. Namun kenyataan yang dihadapi Rumah baca Tiara Veritas adalah kurangnya buku-buku bacaan anak-anak yang beranekaragam, dan tempat rumah baca yang kurang memadai untuk anak-anak usia belajar melakukan kegiatan membaca. Melalui kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan bagian dari program MBKM, maka pengembangan rumah baca Tiara Veritas dapat berjalan. Adapun hasil yang diperoleh adalah perbaikan rumah baca yang memadai untuk anak-anak usia belajar melakukan kegiatan membaca dan pemberian buku-buku cerita yang beraneka ragam. Keberlanjutan dari kegiatan inipun akan diadakan pengembangan kegiatan dari rumah baca yang semakin mendatangkan dampak yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.

Kata kunci: pengembangan minat baca, rumah baca, tiara veritas, MBKM.


Keywords


pengembangan minat baca, rumah baca, tiara veritas, MBKM.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: Publisher.

Dewi, F.R. (2021). Mispresepsi! Indonesia Darurat Membaca?. https://www.kompasiana.com/fiarahmade/60a21d72d541df41f05b4312/mispresepsi-indonesia-darurat-membaca,

Maulana, A., dkk. (2019). Peran Rumah Baca ”Ceger Membaca” dalam Minat Baca di Desa Ceger, Jurang Mangu Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-8.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Indonesia Ghalia Indonesia.

Ningrum, S.W., dkk. (2021). Membangun Literasi Budaya Baca pada Anak. DEDIKASI, 1(1), 100-106.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS, 1(1).

Sintiawati, N. (2021). Peran “Rumah Baca Taman Sekar” dalam Mengembangkan Literasi Anak melalui Lomba Menulis Surat. E-plus, 6(1), 50-63.

Yuliyanto, Y. & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Taman Baca Masyarakat. Jurnal ANUVA, 3(4), 377-387.


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Yubali Ani, Chandra Han, Wiputra Cendana, Grace Solarbesain, Hernawati Siahaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by