Pelatihan Pembelajaran Aktif secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut

Maryono Maryono(1), Issaura Sherly Pamela(2*),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.24672

Abstract


Pemberlakuan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 ditetapkan pemerintah melalui kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan BDR sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif dan cenderung membosankan bagi peserta didik. Keaktifan dan keterlibatan peserta didik kurang tereksplor dengan maksimal sehingga pembelajaran aktif kurang tercapai. Pembelajaran aktif yang dimaksud adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan peran peserta didik secara aktif. Kenyataan di lapangan tidak semua tugas yang diberikan guru dikerjakan sendiri oleh peserta didik. Pembelajaran aktif secara tatap muka lebih dirasa jauh lebih baik dari pada pembelajaran daring. Pembelajaran aktif secara daring dapat diwujudkan dengan penciptaan kondisi belajar yang melibatkan peserta didik melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang dirancang oleh guru disesuaikan dengan keadaan lingkungan peserta didik. Metode pelatihan pembelajaran aktif secara daring yaitu ceramah, tanya jawab, praktik mendesain pembelajaran aktif melalui LKPD, simulasi desain pembelajaran aktif, dan refleksi. Hasil penelitian memperlihatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran daring dapat ditingkatkan melalui LKPD. Guru mampu mendesain pembelajran aktif secara daring melalui LKPD yang menjadi pedoman peserta didik selama BDR. Hasil angket menunjukan 91% guru mampu mendesain pembelajaran aktif secara daring.

 

 


Keywords


Pelatihan; Pembelajaran Aktif; Daring; Lembar Kerja Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D.C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101.

Gilang, R., 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Hamdi, S., & Farida, Q. A. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF NU I JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1), 43-52.

Handarini, O.I. and Wulandari, S.S., 2020. Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), pp.496-503.

Lestari, H. P., Hartono, Binatari, N., EMut, Saptaningtyas, F. Y., & Krisnawan, K. P. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika SMK Se-Gunungkidul Melalui Workshop Pemodelan Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 66–70.

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Oktaviani, T., & Dewi, E. R. S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Mimbar Ilmu, 24(1), 47-52.

Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 145-155.

Susanti, M., Ambarita, A., & Munaris, M. (2017). Pengembangan LKPD Tematik Terpadu Berorientasi Active Learning untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(12).


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Maryono Maryono, Issaura Sherly Pamela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by