PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal Bagi Guru SD

Muh. Faisal(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Rohana Rohana(3), Bahar Bahar(4), Latri Latri(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.24527

Abstract


Kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran literasi kelas awal dilaksanakan di SDN No.73 Bontorita I Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar di Kecamatan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang macam-macam media literasi untuk kelas awal dan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada peserta untuk mengembangkan media literasi yang dapat dimanfaatkan di kelas awal. Pelatihan ini menggunakan metode in house training dan workshop. Adapun yang menjadi sasaran dalam pelatihan adalah guru-guru kelas awal yang ada di SDN No. 73 Bontorita I, SDN No. 74 Bontorita II, dan SDN No. 191 Inpres Paku. Pelatihan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan mempersiapkan bahan dan alat, tahap pelaksanaan membuat alat media literasi Big Book, presentasi dan demonstrasi baik secara mandiri maupun berkelompok. Dalam pelatihan, mahasiswa akan dibantu mulai dari merancang pembuatan media sampai cara penggunaanya. Evaluasi dari kegiatan pengabdian yang dilakukan nantinya adalah simulasi media  literasi Big Book. Media literasi Big Book memiliki karakteristik khusus, seperti penuh dengan warna-warni, gambar yang menarik. Media literasi Big Book merupakan cerita bergambar yang berisi materi yang disajikan secara naratif dan deskriptif yang berfungsi membantu siswa dalam memahami konsep yang rumit serta mampu mengoptimalkan otak untuk mengingat materi pelajaran. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berjalan efektif, hasil pengamatan selama pelatihan berlangsung nampak bahwa, sekitar 85% peserta pelatihan memperlihatkan keseriusan dan antusias mengikuti selama pelatihan berlangsung. Hal tersebut terlihat bahwa peserta pelatihan sudah memahami pembuatan media literasi walaupun dengan cara yang sederhana. Kemudian peserta pelatiahan sudah memahami bagaimana memilih bahan atau materi yang dapat dijadikan sebagai media literasi yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah

Keywords


Media Pembelajaran Literasi

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Wanastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/2579-3438

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Benny. A Pribadi, (2018). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat https://www.academia.edu/37787350/Benny_A_pribadi_Fix

Bilfaqih Y., & Qomarudin N.M (2015) Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Edisi. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish

Direktorat Pembelajaran. (2019). Panduan Proses pembelajaran daring SPADA 2019. Jakarta: Kemenentrian Riset

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (2014). Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu. Jakarta: Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Georgopolous dan Tannenbaum. (2016). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. (2010) Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010 Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta: Pustaka Pheonix

Handayani, Suci. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Hikmat. Dkk (2020) Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/1/FISIP%20Kelompok%207.pdf

Hilman F dan L. Nailah HH. 2014. PARTISIPASI PUSTAKAWAN DALAM MENCERDASKAN MASYARAKAT. Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 13 No. 2. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/9503

Laelasari, Apipudin, dkk. (2016). Model Pembelajaran Paket C Daring

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. https://core.ac.uk/download/pdf/296973265.pdf

Saidah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Ppkn Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Di Sman 11 Garut. Journal Civics and Sosial Studies. Vol 4, No.1. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/journalcss/article/view/872

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukidin., dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cindekia

Supardi. (2013) Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, Vol. 1 No.2, 30–38 . Ttps://Www.Researchgate.Net/Publication/338739013_Persepsi_Siswa_

Dalam_Studi_Pengaruh_Daring_Learning_Terhadap_Minat_Belajar_Ipa

Wahyuningsih, Dian. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muh. Faisal, Nurhaedah Nurhaedah, Rohana Rohana, Bahar Bahar, Latri Latri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.