Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Sawerigading
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.24368
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Fuad, Z., & Zuraini. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di SD Muhammadiyah 09 Malang. Jurnal Tunas Bangsa, 4-5.
Al-tabany dan Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.
arifin, z. (2016). penelitian pendidikan . bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Awang, Rambu Ery Ana. 2016.Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Badrullah, d. (2016). Metodologi Penelitian. Makassar: Kretakupa.
Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran. Makassar: Hayla Press.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fadlilah, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Blok Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Balangan 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi (0nline). diakses 18 Januari 2018.
Faradilla, Rizkia.2019.Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Ismail, Ayu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Minat belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi . Makassar: Program Studi Pendidikan guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
K, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kahfi, Ashabul. 2019.Pengaruh Media Penggunaan Media Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Replika Aditama.
Makmun, K. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Misbahuddin. (2014). Analisis data penelitian statistik. jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muhammad, Thabroni. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktika Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional.
Mustikasari. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 30-40.
Pane, A., & Pasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Journal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03 No. 2 Desember 2017(2460-2345, 2442-6997), 334.
pasaribu, d. s., hendri, m., & Susanti, N. (2019, juli 01). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 muaro Jambi. Jurnal EduFisika, Vol. 02, 4-5. Retrieved Desember 07, 2019
Prabowo, A., Anggoro, R. P., Astuti, D., & Fahm, S. (2017). Interactive multimedia-based teaching material for 3-dimensional geometry. Journal of Physics : conf. series , 2-3.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, N. (2018). Pengembangan media Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 72-73.
Sarjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta : UNY Press.
Siswanto, Budi. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelestarian otomatif smk di kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi. No 1 th.6.
soleh, m. r., nurajizah, s., & muryani, s. (2019, september). perancangan animasi interaktif prosedur merawat peralatan multimedia pada jurusan multimedia SMK BPS & K II. Jurnal Teknologi dan informasi, vol. 9 no.2, 139. doi:10.34010/jati.v9i2
sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Article Metrics
Abstract view : 791 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muh Idris Jafar, Sudirman Sudirman, Muliadi Muliadi, Bahar Bahar, Andi Makkasau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by