Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Muh Idris Jafar(1*), Sudirman Sudirman(2), Muliadi Muliadi(3), Bahar Bahar(4), Andi Makkasau(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Sawerigading
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.24368

Abstract


Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana  gambaran  penggunaan  media  interaktif  animasi  terhadap minat belajar siswa kelas IV SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2) Adakah pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar  pada  pelajaran  matematika  siswa  kelas  IV  SD  di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui gambaran  penggunaan  media  interaktif  animasi  terhadap minat belajar siswa kelas IV SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar  pada  pelajaran  matematika  siswa  kelas  IV  SD  di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pre Test-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan siswa SD di Kecamatan Minasa Tene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Sebanyak 26 Sekolah dan sampel yaitu siswa kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan soal tes hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sampel T-Test d. Hasil analisis Penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika memperoleh presentase 83,54%, dengan skor rata-rata (mean)  yaitu 85,34 %,. (2) Pengaruh Penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa yaitu 65% dan 35% dipengaruhi selain minat. Sehingga dikategori berminat

Keywords


media interaktif animasi, minat siswa

Full Text:

PDF

References


Al-Fuad, Z., & Zuraini. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di SD Muhammadiyah 09 Malang. Jurnal Tunas Bangsa, 4-5.

Al-tabany dan Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

arifin, z. (2016). penelitian pendidikan . bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Awang, Rambu Ery Ana. 2016.Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Badrullah, d. (2016). Metodologi Penelitian. Makassar: Kretakupa.

Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran. Makassar: Hayla Press.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadlilah, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Blok Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Balangan 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi (0nline). diakses 18 Januari 2018.

Faradilla, Rizkia.2019.Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Ismail, Ayu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Minat belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi . Makassar: Program Studi Pendidikan guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

K, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kahfi, Ashabul. 2019.Pengaruh Media Penggunaan Media Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Replika Aditama.

Makmun, K. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Misbahuddin. (2014). Analisis data penelitian statistik. jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhammad, Thabroni. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktika Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional.

Mustikasari. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 30-40.

Pane, A., & Pasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Journal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03 No. 2 Desember 2017(2460-2345, 2442-6997), 334.

pasaribu, d. s., hendri, m., & Susanti, N. (2019, juli 01). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 muaro Jambi. Jurnal EduFisika, Vol. 02, 4-5. Retrieved Desember 07, 2019

Prabowo, A., Anggoro, R. P., Astuti, D., & Fahm, S. (2017). Interactive multimedia-based teaching material for 3-dimensional geometry. Journal of Physics : conf. series , 2-3.

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, N. (2018). Pengembangan media Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 72-73.

Sarjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta : UNY Press.

Siswanto, Budi. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelestarian otomatif smk di kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi. No 1 th.6.

soleh, m. r., nurajizah, s., & muryani, s. (2019, september). perancangan animasi interaktif prosedur merawat peralatan multimedia pada jurusan multimedia SMK BPS & K II. Jurnal Teknologi dan informasi, vol. 9 no.2, 139. doi:10.34010/jati.v9i2

sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan


Article Metrics

Abstract view : 1222 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Muh Idris Jafar, Sudirman Sudirman, Muliadi Muliadi, Bahar Bahar, Andi Makkasau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by