Efektivitas Pembelajaran Penddikan Pancasila Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Mahasiswa PGSD

Amrah Amrah(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Suarlin Suarlin(3), Khaerunnisa Khaerunnisa(4), Bahar Bahar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Sawerigading
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.23968

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi belajar mahasiswa PGSD, mengetahui pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan metode Pembelajaran berbasis daring, dan mengetahui pembelajaran pendidikan pancasila efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa PGSD. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mengandalkan jejaring internet berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi melalui jejaring Web untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa PGSD semester 2. Sifat dan karakteristik populasi ini sama (homogen) karena menggunakan kurikulum yang sama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas (M.91, M. 92, M. 93, M. 94, M. 95, M. 96) sebanyak 133 orang. Adapun yang menjadi variabel bebas (x) adalah pembelajaran pendidikan pancasila berbasis daring dan variabel terikat (y) adalah partisipasi belajar mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dengan nilai signifikansi > 0,05 menggunakan bantuan SPSS. Uji Homogenitas data bertujuan untuk melihat tingkat homogen dengan asumsi bahwa data homogen nilai sig > α = 0,05. Levene’s Test for Equality of Variance pada software SPSS, dan Uji linieritas dilakukan untuk mengetahui hubungan yang linier dengan nilai nilai sig > α tabel Anova untuk Deviation from Linearity pada software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,046 < 0,05 yang mengartikan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila berbasis daring efektif terhadap partisipasi belajar mahasiswa PGSD

Keywords


Efektifitas Pembelajaran Daring, Partisipasi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Wanastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/2579-3438

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Benny. A Pribadi, (2018). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat https://www.academia.edu/37787350/Benny_A_pribadi_Fix

Bilfaqih Y., & Qomarudin N.M (2015) Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Edisi. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish

Direktorat Pembelajaran. (2019). Panduan Proses pembelajaran daring SPADA 2019. Jakarta: Kemenentrian Riset

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (2014). Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu. Jakarta: Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Georgopolous dan Tannenbaum. (2016). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. (2010) Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010 Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta: Pustaka Pheonix

Handayani, Suci. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Hikmat. Dkk (2020) Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/1/FISIP%20Kelompok%207.pdf

Hilman F dan L. Nailah HH. 2014. PARTISIPASI PUSTAKAWAN DALAM MENCERDASKAN MASYARAKAT. Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 13 No. 2. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/9503

Laelasari, Apipudin, dkk. (2016). Model Pembelajaran Paket C Daring

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. https://core.ac.uk/download/pdf/296973265.pdf

Saidah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Ppkn Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Di Sman 11 Garut. Journal Civics and Sosial Studies. Vol 4, No.1. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/journalcss/article/view/872

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukidin., dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cindekia

Supardi. (2013) Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, Vol. 1 No.2, 30–38 . Ttps://Www.Researchgate.Net/Publication/338739013_Persepsi_Siswa_

Dalam_Studi_Pengaruh_Daring_Learning_Terhadap_Minat_Belajar_Ipa

Wahyuningsih, Dian. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Amrah Amrah, Nurfaizah Nurfaizah, Suarlin Suarlin, Khaerunnisa Khaerunnisa, Bahar Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by