Pelatihan Pembelajaran IPA Daring Berbasis Keterampilan Proses Sains Bagi Guru Sekolah Dasar

Prima Mutia Sari(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.22547

Abstract


Pembelajaran IPA diharapkan dapat mengembangkan keterampilan proses sains. Permasalahan yang dihadapi guru pada masa pandemi ini adalah sulit untuk merancang pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains secara daring. Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan secara komprehensif tentang pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains secara daring.  Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan ini yaitu : 1) Pemaparan materi tentang pembelajaran IPA secara daring, 2) Pretes tentang keterampilan proses sains, 2) Paparan materi tentang keterampilan proses sains, 4) Pemaparan materi tentang aplikasi Liveworksheet 5) Pemaparan materi tentang pembelajaran Zoom 5) Evaluasi dan Postes tentang keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui googleform. Analisis data menggunakan analisis rerata skor keterampilan proses sains dan  persentase respon peserta. Hasil keterampilan proses sains menunjukkan adanya peningkatan dari kemampuan peserta dengan rata-rata skor tes awal sebesar 1,7 dan rata-rata skor tes akhir sebesar 9,7. Indikator kemampuan memprediksi mendapat skor tertinggi pada tes akhir dan indicator dengan skor terendah pada tes akhir adalah kemapuan merencanakan percobaan.  Respon peserta menunjukkan hasil yang positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan produk dalam pelatihan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains secara daring. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan gangguan jaringan saat pemaparan materi.

 


Keywords


Scince process skill, online learning, elementary school

References


Indrawati. (2000). Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.

Maison, Darmaji, Aatalini, Kurniawan, D. A., Haryanto, Kurniawan, W., Suryani, A., Lumbantoruan, A., & Dewi, U. P. (2020). Science Process Skill in Science Program Higher Education. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 652–661. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080238

Mardawani, Fusnika, & Hartini, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Google Classroom Bagi Guru di SMP Negeri 6 Sintang. Jurnal PEKAN, 5(2), 148–156.

Nugroho, I. A. D. I. (2020). Pembuatan soal Menggunakan Aplikasi Quizizz. LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Sari, P. M, & Zulfadewina. (2018). Profile of Science Process Skill Mastery from Pre-service Elementary School Teacher. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135

Sari, Prima Mutia, & Zulfadewina. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Proses Sains Berbantuan Media Kahoot. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 93–98.

Siahaan, P., Suryani, A., Kaniawati, I., Suhendi, E., & Samsudin, A. (2016). Improving Students’ Science Process Skills through Simple Computer Simulations on Linear Motion Conceptions. Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001


Article Metrics

Abstract view : 63 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Prima Mutia Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by