Pengembangan Modul Praktikum Dengan Implementasi Desain Pembelajaran ADDIE

Putri Ida Sunaryathy(1*), Imam G. Suarno(2), Badrullah Bakri Badru(3), Rahmayanti Rahmayanti(4),

(1) Pendidkan Teknik Elektronika FT-UNM
(2) Pendidkan Teknik Elektronika FT-UNM
(3) Pendidkan Teknik Elektronika FT-UNM
(4) Pendidkan Teknik Elektronika FT-UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.22519

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul untuk kegiatan praktikum mata kuliah Bengkel dan Perancangan Elektronika di Jurusan Pendidikan Teknik Eletronika FT-UNM dan mengevaluasi hasil dari rancangan modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dan desain pengembangan pembelajarannya mengacu pada model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Penelitian ini  subyeknya adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM dan sebagai obyeknya berupa modul praktikum. Adapun instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian dengan melibatkan dua orang validator materi, dua orang validator desain, dua mahasiswa sebagai Observer dan tanggapan mahasiswa yang menggunakan modul tersebut. Hasil validasi materi secara keseluruhan adalah 93% kategori “sangat valid”. Dan hsil validasi desain sebesar 88% “sangat valid”. Untuk hasil penilaian respon mahasiswa dari seluruh aspek sebesar 89% “sangat praktis”. Serta hasil penilaian observer secara keseluruhan untuk semua aspek sebesar 90,5% dengan kategori “sangat baik. Dari hasil ini sehingga modul praktikum Bengkel dan Perancangan Elektronika dapat digunakan

Keywords


ADDIE, modul praktikum, mata kuliah Bengkel dan Perancangan Elektronika

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W. R. & Gall, M.D. (1984). Educational Research: An Introduction.

Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approaach. Spronger New York Dordrecht Heidelberg London.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiatno, R., & Nurlaela, L. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI) Pada Kompetensi Dasar Metode Dasar Memasak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Blitar. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Putri Ida Sunaryathy, Imam G. Suarno, Badrullah Bakri Badru, Rahmayanti Rahmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by