Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar

Bahrudi Efendi Damanik(1*), Eka Irawan(2),

(1) AMIK TUNAS BANGSA
(2) AMIK-STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.21885

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar, ntuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang,  teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosensecara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, thitung > ttabel (3,353 > 1,991). Lingkungan belajarsecara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, thitung > ttabel (4,229 > 1,991). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, Fhitung > Ftabel yaitu (25,872 > 2,720)

Full Text:

Untitled

References


A.M., S. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (24th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Damanik, B. E. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Diri Terhadap Prestasi Kerja Dosen. Jurnal EK & BI Politeknik Bisnis Indonesia, 1(1), 23–24.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Kemampuan Intelektual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 143.

Dario, A. (2008). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Grasindo.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sumiati. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinyat terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Syariah Di SMP Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Koperasi, Vol 7, No.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 233 times | Untitled view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Bahrudi Efendi Damanik, Eka Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.