Pengaruh Latihan Memukul Memakai Beban Karet Terhadap Kecepatan Pukulan Dalam Olahraga Karate (Survey dalam Pembelajaran Mata Kuliah Karate)

Rahyuddin Jide Same(1*),

(1) FIK UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20904

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh yang ditimbulkan oleh latihan memukul dengan berbeban karet terhadap kecepatan pukulan dalam olahraga karate. Penelitian ini menggunakan desain randomized group pretest post test Cross group design. Populasinya adalah pemain karate tingkat lanjutan yang ada pada perkumpulan/perguruan Institut Karate-do Nasional (INKANAS) ranting Universitas Negeri Makassar. Sampel dipilih 50 orang dari 132 orang anggota populasi. Data yang terkumpul adalah hasil tes kecepatan pukulan. Hasil tersebut dianalisis secara statistik deskriptif selanjutnya dengan uji t. Hasil dari pengolahan data menunujukkan bahwa ada pengaruh yang diakibatkan oleh latihan memukul menggunakan beban karet yaitu rata-rata meningkat 6 unit kecepatan pukulan. Sedangkan pengaruh yang ditimbulakan oleh latihan tanpa beban karet hanya meningkat 3 unit kecepatan pukulan. Dengan demikian latihan tzuki berbeban karet lebih baik dari pada latihan tzuki tanpa beban karet. Urutan latihan fisik yang efektif adalah dimulai dengan latihan berbeban karet kemudian latihan tanpa penggunakan beban karet karena dapat mempengaruhi kecepatan pukulan secara rata-rata meningkat 7,70 unit kecepatan pukulan, sementara latihan memukul tanpa beban karet dilanjutkan latihan memukul dengan beban karet hanya meningkat secara rata-rata sebanyak 4,40 unit kecepatan pukulan.

Keywords


Beban Karet, Latihan Memukul, Kecepatan Pukulan, Olahraga Karate

Full Text:

PDF

References


Harsono, 1988, Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta Dirjen Dikti P2LPTK.

Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Lintong, S. (2018). Karate Martial Art Center In Manado. Analogi Direct Art in Defence. Jurnal Arsitektur DASENG, 7(1), 195–206.

Osman, & Nur Matutu. (2019). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan dan Ketepatan Terhadap Kemampuan Pukulan Giaku Tsuki pada Cabang Olahraga Karate Inkado di Ranting Kota Makassar. E- Jurnal Olahraga Karate, 506(2).

Purwanto, S., Danardono, & Nopembri, S. (2009). Pembinaan Prestasi Karate Di Daerah Istimewa Yogyakarta. IPTEK Olahraga, 11(2), 171–181.

Sartinah. (2008). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Perkembangan Gerak Dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. 5(November), 62–67.

Setiawan, A., & Setiabudi, M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Rompi Berbeban Terhadap Gerakan Dasar (Kihon) Karate Zenkutsu Dachi pada Atlit Sekolah Karate Dojo Satria Banyuwangi. Jurnal Kejaora, 1(2), 51–59.

Soekarman. 1987. Dasar Olahraga untuk Pelatih, Pembina dan Atlit, Inti Daya Press, Jakarta.

Surahni. (2017). Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ) sebagai Sarana Pendidikan Moral. Urecol, Malang.

Twoson Efriadi Gultom, Sugiyanto, & Defliyanto. (2019). Profil Kondisi Fisik Atlte Karate Junior Putra Perguruan Inkanas Kota Bengkulu Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 1689–1699.


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Rahyuddin Jide Same

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.