Workshop Penggunaan Google Formulir sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Digital selama Pandemi COVID-19

Sri Wahyuni(1*), Estika Satriani(2), Fauzul Etfita(3),

(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20582

Abstract


Evaluasi merupakan bagian yang sangat krucial pada proses pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Namun, pandemi COVID-19 tidak memungkinkan untuk melaksanakan tes secara konvensional. Untuk mengatasai masalah tersebut, tim pengabdian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menawarkan solusi dengan memanfaatkan Google formulir sebagai alat tes agar lebih efektif dan efisien di tengah pandemi. Sararan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Peranap. Kegiatan dilaksanakan secara daring. Setelah materi dipaparkan melalui video tutorial, pemateri melakukan pendampingan mengenai penggunaan Google Formulir dalam evaluasi pembelajaran. Hasil dari kegiatan adalah Guru-guru mendapatkan dampak positif dari kegiatan workshop tes digital melalui Google Formulir (68,5%) dan dapat membuat soal melalui Google Formulir (94,7%).


Keywords


Evaluasi, COVID-19, Google Formulir, Tes Digital

Full Text:

PDF

References


Arigusman, A., Purnawarman, P., & Suherdi, D. (2018). EFL students’ use of technology in English lesson in the digital era. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(299), 77–86.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai alat penilaian kinerja dosen Di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH, 8(1), 39–50.

Bridgeman, B., Trapani, C., & Attali, Y. (2009). Considering fairness and validity in evaluating automated scoring. The Annual Meeting of the National Council on Measurement in Education (NCME).

Castro, S. (2018). Google Forms Quizzes and Substitution, Augmentation, Modification, and Redifinition (SAMR) Model Intergration. Issues and Trends in Educational Technology, 6(2), 4–14.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan Google Formulir sebagai sistem pendaftaran anggota pada Website Aptisi.or.id. Sisfotenika, 8(2), 128–139. https://doi.org/10.30700/jst.v8i2.401

Raju, N. V., & Harinarayana, N. S. (2016). Online survey tools : A case study of Google Forms. The National Conference on Scientific, Computational & Information Research Trends in Engineering.

Redecker, C. (2013). The use of ICT for the assessment of key competences. Publication Office of the European Union.

Rusman, R., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo.

Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 207–214.

Suherdi, D. (2019). SMEMFLE I 4.0 DE: A synergetic multi-layered educational model for learning excellence in industry 4.0 and disruption era. 3rd Asian Education Symposium (AES 2018), 253, 439–445.

Suherdi, D., & Mian, Y. (2017). Towards the establishment of teachers’ multicontext information and communication (ICT) training. English Language Teaching and Technology Journal (ELT-Tech Journal), 1(1), 1–11.

Zahara, N. (2015). Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh. Seminar Nasional Biotik, 480–484.


Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sri Wahyuni, Estika Satriani, Fauzul Etfita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.