Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng

Asia Ramli(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20451

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam pertunjukan teater rakyat Kondobuleng. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Pendekatan ini mengkaji dan menganalis objek penelitian secara komprehensif. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, nilai pendidikan melalui sistem pewarisan, antara lain nilai adat pangngadakkang, nilai tau yang disebut sipakatau. Nilai adat istiadat ini terus ditanamkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Kedua, nilai pendidikan melalui pembelajaran di Sanggar, antara lain: nilai siri’ na pace, yaitu saling menhgargai dan menghormati, sebagai nilai utama dan menjadi landasan falsafah hidup orang Bugis-Makassar. Nilai ini berkenaan dengan etik, beradab, berakhlak, sopan, jujur, dalam memelihara hubungan sesama manusia. Ketiga, nilai pendidikan melalui pertunjukan yaitu nilai estetis yang mengajarkan kepada kita untuk menghargai keindahan seni, keindahan moral, dan keindahan intelektual. Nilai ini direpresentasikan melalui estetika komunal yang komedial, spontan, inovatif, kreatif, komunikatif, dan menghibur.

 

Kata kunci: nilai, pendidikan, teater


Keywords


nilai, pendidikan, teater

Full Text:

PDF

References


Frankena, William, K. 1972. The Encyclopedia of Philosophy,Volume Seven, Editor in Chief: Paul Edwards, Macmillan Publishing Co., Inc. & The Free Press, New York.

Holt, Claire. 1939. Dence Quest in Celebes. Les Arcives Internationales de la Dance. Paris.

Kuper, Adam & Kuper Jessica. 2000. Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial. Edisi Kedua. Accelerator - Lyotard. Jakarta: Raja Grafindo.

Koentjaraningrat . 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Lathief, Halilintar. 2017. Pagelaran Teater Rakyat – Neo Ganrang Bulo – Moneng Sudah Mati. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Direktorat Jenderal Kebudayaan – Direktorat Kesenian.

Kattsoff, Louis O. 2004. Pengantar Filsafat, diterjemahkan dari judul Elements of Philosophy oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Miles Matthew B. & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode Baru, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Perss.

Ramli, Asia. 2018. Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng: Bentuk Representasi Identitas, Nilai dan Fungsi Sosiokultural Masyarakat Pesisir Bugis-Makassar. Disertasi. Pascasarjana Univesritas Negeri Semarang.

Rohidi. Rohendi Tjetjep. 2000. Ekspresi Seni Orang Miskin – Adaptasi Simbolik Terhadap Kemiskinan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

------------- 2011. Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 729 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Asia Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by