Pengembangan Aplikasi UKOM Online untuk Jaminan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi di Era Pandemi Covid-19

Hartoto Hartoto(1*),

(1) Prodi PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19762

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) menghasilkan produk aplikasi UKOM Online dan (2) mengetahui kebermanfaatan aplikasi UKOM Online yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip. Uji alpha dilakukan oleh 2 ahli dan uji beta oleh 309 mahasiswa program studi PGSD FIP UNM yang melaksanakan UKOM online. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk aplikasi UKOM Online dengan fitur utama fitur manajemen peserta ujian, manajemen soal, manajemen ujian, dan manajemen sertifikat, serta dilengkapi panduan penggunaan aplikasi. Hasil penilaian ahli menunjukkan aplikasi UKOM Online masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan, sementara dari sisi pengguna aplikasi UKOM Online ini dalam kategori sangat bermanfaat. Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi UKOM Online dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan UKOM secara efektif dan efisien dan tentunya berkontribusi terhadap kontrol mutu lulusan perguruan tinggi di era pandemi Covid-19

Keywords


UKOM Online; ujian komprehensif; mutu lulusan

Full Text:

PDF

References


Alessi, Stephen M., and Stanley R. Trollip. 2001. Multimedia for Learning: Methods and Development. 3rd ed. Boston: Allyn and Bacon.

Damis, Rahmi. 2018. “Efektivitas Ujian Komprehensif dalam Meningkatkan Kompotensi Mahasiswa Prodi Ilmu Aqidah.” Aqidah-ta : Jurnal Ilmu Aqidah 4(1). doi: 10.24252/aqidahta.v4i1.5173.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

HDPGSDI. 2020. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Sarjana, Magister, Dan Doktor PGSD/Pendidikan Dasar. Makassar: Himpunan Dosen PGSD Indonesia.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning. 2nd ed. Cambridge ; New York: Cambridge University Press.

Muhson, Ali, Daru Wahyuni, and Endang Mulyani. 2012. “Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja.” Jurnal Economia 8:11.

PPM UNM. 2017. Dokumen Standar Komputensi Lulusan Universitas Negeri Makassar. Makassar: Unviersitas Negeri Makassar.

Ratna Wulan, Elis, and Ahmad Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedoman Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Rofaida, Rofi, and Budhi Pamungkas Gautama. 2019. “Strategi Peningkatan Komptensi Lulusan Perguruan Tinggi Melalui Studi Pelacakan Alumni (Tracer Study).” Image : Jurnal Riset Manajemen 8(1):1–8. doi: 10.17509/image.v7i1.23171.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, Clif Mims, and James D. Russell. 2019. Instructional Technology and Media for Learning. 12th Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Tidwell, Jenifer. 2011. Designing Interfaces: Patterns for Effective Interaction Design. 2. ed. Beijing: O’Reilly.

Unger, Russ. 2012. A Project Guide to UX Design: For User Experience Designers in The Field or in The Making. Second edition. Berkeley, CA: New Riders.


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Hartoto Hartoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.