Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Sekolah Dasar

Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(1*),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19692

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh peningkatan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Sumber Porong 3 Lawang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Sumber Porong 3 Lawang yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik simpel random sampling. Sampel dibagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan test. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan strategi PBL dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas 5 SDN Sumber Porong 3 Lawang yang dilihat dari hasil uji T. Data tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 <0,05. Perbedaan juga dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas dan ketuntasan klasikal yang diambil dari hasil post-test. Kelas eskperimen memiliki ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata nilai 90,75 dan kelas control memiliki ketuntasan klasikal 60% dengan rata-rata nilai 71,96. Selisih perbedaan nilai rata-rata kedua kelas adalah 18,79 dan selisih ketuntasan adalah 40%. Peningkatan hasil belajar siswa tidak hanya berasal dari siswa melainkan juga kinerja guru dalam pembelajaran yang didukung dengan kerjasama antar lembaga sekolah, kepala sekolah, guru dan orangtua dalam menyediakan sarana prasarana untuk mencapai hasil yang maksimal.

Keywords


Problem Based Learning Hasil Belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Abdul, G. (2012). Desain Pembelajaran. Jogjakarta: Ombak.

Ahrari, S., Samah, b. A., Hassan, m. S., Wahat, n. W., & Zaremohzzabieh, Z. (2016). Deepening critical thinking skills through civic engagement in Malaysian higher education. Thinking Skills and Creativity (Vol. 22).

Arend, R. (2004). Learning to teach. Seventh edition. New York: mcgraw hill companies.

Ezquerra, A., De-Juanas, A., & Ulloa, C. S. M. (2014). Teachers’ Opinion about Teaching Competences and Development of Students’ Key Competences in Spain. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1222–1226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.372

Geboers, E.Geijsel, F., Admiraal, W., Jorgensen, T., & Dam, g. T. (2015). Education, Citizenship development of adolescents during the lower grades of secondary. Journal of Adolescence, 45, 89–97.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gurses, A., Dogar, c., & geyik, E. (2015). Teaching of the Concept of Enthalpy Using Problem Based Learning Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 2390–2394.

Gurses, A., Dogar, C., & Geyik, E. (2015). Teaching of the Concept of Enthalpy Using Problem Based Learning Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 2390–2394. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.298

Hardan, A. A. (2014). Language Learning Strategies: A General Overview. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 1712–1726. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.194

Idris, F., Gill, S. K., Ya’acob, A., Awal, N. A. M., & Hassan, Z. (2012). The Role of Education in Shaping Youth’s National Identity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 443–450. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.299

İnel, D., & Balım, A. G. (2013). Concept Cartoons Assisted Problem based Learning Method in Science and Technology Teaching and Students’ Views. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 376–380. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.206

Iskandar. (2009). Psikologi pendidikan: sebuah orientasi baru. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mccabe, j. A. (2018). What Learning Strategies Do Academic Support Centers Recommend to Undergraduates. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 7(1), 143–153. Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/14649/1/JURNAL.pdf

Nogueira, f., & moreira, A. (2012). A framework for civic education teachers’ knowloedge. Social and Behavioral, 47, 1179–1183.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1), 1–17.

Saylor, e. E. (2016). Civic education in elementary grades: Promoting student engagement in an era of accountability. The Journal of Social Studies Research, 40(3), 245–247.

Skubal, s. A. (2016). Making civics count: Citizenship education for a new generation. The Journal of Social Studies Research, 40(1), 53–54.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Willemse, T. M., ten Dam, G., Geijsel, F., van Wessum, L., & Volman, M. (2015). Fostering teachers’ professional development for citizenship education. Teaching and Teacher Education, 49, 118–127. https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.03.008

Zohar, A., & Cohen, A. (2016). Large scale implementation of higher order thinking (HOT) in civic education: The interplay of policy, politics, pedagogical leadership and detailed pedagogical planning. Thinking Skills and Creativity, 21, 85–96. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.05.003


Article Metrics

Abstract view : 334 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by