Diseminasi Literacycloud untuk Guru dan Orangtua Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Patumbak Deli Serdang dalam Masa Pandemi Covid-19
(1) Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI) Pematangsiantar
(2) Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) Murni Sadar
(3) Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) Murni Sadar
(4) Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI) Pematangsiantar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.18997
Abstract
Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai problematika dalam proses pembelajaran di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, berubah total menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Belajar Dari Rumah (BDR). Baik guru maupun peserta didik mengalami kaget teknologi yang turut berpotensi menurunkan motivasi dalam pembelajaran. Hal ini juga terjadi di Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan mengetahui permasalahan ini, tim memberikan solusi dengan mengadakan diseminasi Literacycloud untuk guru dan orangtua di sekolah dasar negeri. Metode yang diselenggarakan selama kegiatan ini adalah menyelenggarakan pre-tes, memberikan pengimbasan secara daring melalui webinar, memberikan pengimbasan secara luring, supervisi secara daring menyelenggarakan pos-tes dan membagikan kuesioner kepuasan peserta pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah seluruh peserta kegiatan baik guru maupun orangtua peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan secara signifikan mengenai strategi membaca yang menyenangkan; Selain itu terjadi peningkatan kepemilikan akun pelantar Literacycloud. Selanjutnya, beberapa guru telah memahami dengan sangat baik penggunaan Literacycloud yang dibuktikan dengan praktik baik yang telah dilakukan dan sebanyak 92% peserta menyatakan bahwa mereka puas dengan diseminasi dan seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh tim.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. doi:10.31004/edukatif.v2i1.89
Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 1(1), 65-72. doi: 10.26858/publikan.v10i1.12829
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, Nurfaizah, & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-270. doi:https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187
Gardiner, S. (2001). Ten Minutes a Day for Silent Reading. Educational Leadership, 59(2), 32-35.
Hamid, R., Ili, L., & Kansil, Y. E. (2020). Pendampingan Pengemasan Bahan Belajar Literasi dalam Format Digital Bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Kendari . Jurnal Publikasi Pendidikan , 10(3), 197-201. doi:https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.14391
Jumardi, Andi, & Siswanto, R. D. (2020). Workhsop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Kompetensi Membuat Media Pembelajaran IPS . Jurnal Publikasi Pendidikan , 10(2), 119-124 . doi:10.26858/publikan.v10i2.11372
Kisno. (2020). Pomodoro Technique for Improving Students’ Reading Ability during Covid-19 Pandemic. Jurnal Education and Development, 8(3), 1-6. doi:https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1753
Leasa, M., Syam, F. A., Sayyadi, M., & Batlolona, J. R. (2020). Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan , 10(1), 80-87. doi:https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10454
Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Hartoto, & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 260-265. doi:https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16069
Rivani, T. (2018). The Effectiveness of Story Pyramid Strategy to Teach Reading at Tenth Grade of SMK Negeri Sragen in Academic Year 2018/2019. . Surakarta: English Education Study Program, Islamic Education and Teacher Training Faculty.
Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Online Learning : Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR) , 1(1), 95-102. doi: https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i
Shara, A. M., Andriani, D., Ningsih, A. W., & Kisno. (2020). Correlating Reading Literacy and Writing Literacy in Junior High School Pematangsiantar. Journal of English Education, 5(2), 72-85. doi:https://doi.org/10.31327/jee.v5i2.1249
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) , 1, 1-3.
Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Formbagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 182-188. doi:https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055
Article Metrics
Abstract view : 398 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Kisno ,M.Pd.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.