Keefektifan Buku Teks Tematik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa

Rizki Dwi Siswanto(1), Mimin Ninawati(2*),

(1) universitas muhammadiyah prof DR Hamka
(2) universitas muhammadiyah prof DR Hamka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.18924

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas buku teks tematik berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi-eksperiment.  Pada penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Surodakan, sedangkan teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu Kelas IV-C dan IV-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan Tes. Sedangkan analisis data menggunakan independent sample t-test. hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil uji non-parametrik dengan uji U Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <  0,05, maka  hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan dengan siswa yang tidak menggunakan buku teks tematik berbasis kearifan lokal.

 


Keywords


Buku Teks; Hasil Belajar; Kearifan Lokal; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Arsanti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-

Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula.

Jurnal Kredo 1 (2), 107-114

Irianto, A. (2009). Statistik KonsepDasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ninawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokalpada Pembelajaran

Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal MATH-UMB.EDU, 7 (2), 24-29

Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan

Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN III Tanggung. Jurnal

Dewantara, 3 (1), 39-48.

Puspita. A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan

Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-

Aulad, 2 (1), 1-7.

Shufa, N. K. F. (2018).PembelajaranBerbasis Kearifan Lokal Di SekolahDasar: Sebuah

Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1) 48-53

Tinja, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai

Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 2 (9),

-196.

Wulanzani, U. T. (2016). Hasil Validasi Buku Teks Matakuliah Bioteknologi Berbasis Bahan

Alam Taman Pacing (Costus Speciosus Smith) sebagai Antifertilitas. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (9):1830—1835

Zinnurain. & Muzanni. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada

Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 4 (2). 2355-6358.


Article Metrics

Abstract view : 390 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Rizki Dwi Susanto, Mimin Ninawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by