Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA

Alif Yanuar Zukmadini(1*), Bhakti Karyadi(2), Syaiful Rochman(3),

(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Bengkulu
(2) Prodi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
(3) Prodi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.18378

Abstract


Berkaitan dengan upaya peningkatan literasi sains dan pendidikan karakter peserta didik, selama ini masalah yang dihadapi oleh guru IPA SMP di kabupaten Bengkulu Tengah adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan pembelajaran yang bermuatan literasi sains dan Pendidikan karakter di kelas. Selain itu masalah yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya kompetensi guru dalam merancang strategi pembelajaran IPA yang menitikberatkan pada peningkatan literasi sains dan pengembangan karakter peserta didik. Melalui kegiatan pengabdian ini, solusi yang dilakukan adalah memberikan pelatihan kepada guru IPA untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran IPA yang mengintegrasikan literasi sains dan pendidikan karakter. Kegiatan ini melibatkan 20 orang guru mata pelajaran IPA yang berasal dari 10 SMP yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kaji tindak. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merancang strategi pembelajaran IPA melalui model integrasi literasi sains dan PPK. Kegiatan ini sangat penting sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru IPA.

Kata kunci: Model Integrasi, Literasi Sains, Penguatan Pendidikan Karakter, Guru IPA,Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), 179-191.https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dewi, S. R., Nurmilawati, M., & Budiretnani, D. A. (2017). Improving of scientific literacy ability using discovery learning model at the seventh grade students of state JHS 3 Ngronggot, Nganjuk-Indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 266-271. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4597

Dragoş, V., & Mih, V. (2015). Scientific Literacy in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 167–172. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.273

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187

Herlanti, Y., Mardiati, Y., Rahmawati, R., Putri, A. M. K., Jamil, N., Miftahuzzakiyah, M., Sofyan, A., Zulfiani, Z., & Sugiarti, S. (2019). Finding Learning Strategy in Improving Science Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(1), 59. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i1.4902

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Cetakan kedua. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(2), 135-142. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

McFarlane, D. A. (2013). Understanding the Challenges of Science Education in the 21st Century: New Opportunities for Scientific Literacy. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 4(January), 35–44. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.4.35

OECD. (2015). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy, PISA.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rubini, B., Pusitasari, I. D., Ardianto, D., & Hidayat, A. (2018). Science teachers’ understanding on science literacy and integrated science learning: Lesson from teachers training. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 259–265. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.11443

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarti, E. (2005). Menggali Kekuatan Cerita. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(17), 501-524. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.45

Triatmanto. (2010). Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter. Cakrawala Pendidikan, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, 187-203.https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.245

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 951 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Alif Yanuar Zukmadini, Bhakti Karyadi, Syaiful Rochman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by