Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa

Burhanuddin Burhanuddin(1*),

(1) SMKN 1 SOPPENG
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.16472

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris setelah diterapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada siswa Kelas XII Perhotelan SMKN 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap yaitu planning, acting, observing dan reflecting yang dilaksanakan sejumlah dua siklus dengan tiga kali pertemuan tiap siklus. Data dikumpulkan melalui tes dan non tes. Tes dilakukan untuk melihat hasil belajar siswa sedangkan non tes (observasi dan perekaman) dimaksudkan untuk melihat aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Sedangkan teknik validasi data dilakukan dengan saturasi dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,00 dan pada siklus II mengalami peningkatan 86,00. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 66,66% dan siklus II sebesar 100%. Hasil penelitian dari observasi menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas aktivitas pembelajaran dari siklus I ke siklus II dari segi kehadiran, keaktifan dalam pembelajaran serta keterlibatan dalam bekerja kelompok, bertanya dan merespon dengan menggunakan bahasa Inggris.

 


Keywords


Hasil Belajar; Number Head Together

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2006. Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., Calhoun, Emily. 2011. Models of Teaching, Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, Anita. 2008. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mills, Geoffrey. 2003. Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall

Supardi & Suhardjono. 2011. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: ANDI Offset.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Uno, Hamzah B., Nurdin, Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pendekatan aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif dan menarik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Burhanuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by