Pelatihan Pelaksanaan Strategi Membaca Read Aloud Oleh Guru Tk Witri I Kota Bengkulu

Didik Suryadi(1*), Melia Eka Daryati(2), Indrawati Indrawati(3),

(1) Prodi PG PAUD FKIP Universitas Bengkulu
(2) Prodi PG PAUD FKIP Universitas Bengkulu
(3) Prodi PG PAUD FKIP Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.16409

Abstract


Salah satu ketrampilan yang memberikan kemampuan masyarakat untuk bertahan hidup pada era abad 21 adalah ketrampilan literasi membaca yang tercermin dalam kemampuan dan kemauan membaca. Hasil kajian teoritis dan praktis menunjukkan bahwa strategi Read Aloud  merupakan strategi yang efektif untuk  menstimulasi tumbuh kembangnya kedua kebutuhan tersebut.   Di pihak lain pengetahuan dan kemampuan melaksanakan Read Aloud masih belum memadahi. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai pre-test pengetahuan (34 %) dan praktek (51 %). Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru terhadap strategi tersebut. Mitra pengabdian adalah guru TK Witri 1 Kota Bengkulu. Metode yang dipakai adalah workshop yang terbagi kedalam tiga kegiatan, yaitu ceramah dan diskusi,peer teaching, dan  praktek langsung di kelas riil. Hasilnya adalah 85 % guru mitra menyatakan Read Aloud sebagai strategi baru dalam pembelajaran membaca di TK. Semua guru mitra mencapai penguasaan  materi pengetahuan  yang diharapkan yaitu dan semua guru mitra mencapai tingkat ketrampilan yang diharapkan dalam menerapkan strategi Read Aloud yaitu  dalam tingkat ketuntasan .  Implementasi Read Aloud sebagai strategi pembelajaran membaca pada anak usia dini di TK  secara konsisten akan   berkontribusi secara signifikan terhadap tumbuh kembangnya kemampuan dan kemauan membaca anak di masa depan, serta menstimulasi aspek perkembangan lainnya terutama kognitif, dan sosial emosioal anak. 


Keywords


Reading teaching strategy; Read Aloud;Early Childhood Education

Full Text:

PDF

References


Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi di SMA Mardi Utomo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.706

Duursma, E., Augustyn, M., & Zuckerman, B. (2008). Reading aloud to children: The evidence. Archives of Disease in Childhood, 93(7), 554–557. https://doi.org/10.1136/adc.2006.106336

Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 106–117. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/3353/1833

Hayat, B., & Yusuf, S. (2015). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jupriyanto, & Nuridin. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 14–18. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/944

Kumar, K. K. (2015). Revitalizing the art of reading aloud to children. Retrieved from https://apiar.org.au/wp-content/uploads/2016/01/ICTP_BRR717_EDU.pdf

Ledger, S., & Merga, M. K. (2018). Reading aloud: Children’s attitudes toward being read to at home and at school. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 124–139. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n3.8

Mascareño, M., Deunk, M. I., Snow, C. E., & Bosker, R. J. (2017). Read-alouds in kindergarten classrooms: a moment-by-moment approach to analyzing teacher–child interactions. European Early Childhood Education Research Journal, 25(1), 136–152. https://doi.org/10.1080/1350293X.2016.1266226

McGee, L. M., & Schickedanz, J. A. (2007). Repeated Interactive Read-Alouds in Preschool and Kindergarten. The Reading Teacher, 60(8), 742–751. https://doi.org/10.1598/rt.60.8.4

Morrow, L. M., Rand, M. K., & Smith, J. K. (1995). Reading aloud to children: Characteristics and relationships between teachers and student behaviors. Reading Research and Instruction, 35(1), 85–101. https://doi.org/10.1080/19388079509558199

Nurmalina. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMP Negeri 2 Mesjid Raya. Journal of Education Science (JES), 5(1), 1–7.

Rahimah, F. Y., Rukayah, & Hadiyah. (2014). Implementasi Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nur Rahimah Banjarbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal FKIP UNS, 2(4). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6856

Rukoyah, S. (2014). Pengaruh Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas II MI Nurul Huda Curug Wetan Tangerang Tahun Pelajaran 2013/2014 (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24808/1/Siti Rukoyah.pdf

Sajid, M. K. M., Kassim, H., & Hasan, G. A. (2019). Effectiveness of reading aloud strategies for developing reading habits. 163–181. https://doi.org/10.5281/zenodo.3558794

Trelesase, J. (2017). The Read-Aloud Handbook Membacakan Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdsan Anak. Jakarta: Noura.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Didik Suryadi, Melia Eka Daryati, Indrawati Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.