Fenomena Permainan Tradisional “Cak Ingkling” Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era Milenial

Bunda Harini(1*), Nuraini Usman(2), Siti Dewi Maharani(3),

(1) Sriwijaya University
(2) Sriwijaya University
(3) Sriwijaya University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.16374

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui fenomena permainan tradisional “cak ingkling” bagi siswa sekolah dasar di era milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara online pada link bit.ly/kuesioner-ingkling. Kuesioner disebar pada siswa di SD IGM Palembang, SD Muhamadiyah 6 Palembang, dan SD Negeri 214 Palembang. Oleh dikarenakan tidak semua siswa mempunyai cukup kuota internet. Sebagian siswa memiliki kuota internet hanya cukup untuk pembelajaran. Sehingga, agar tidak membebani siswa maka pengisian google form tidak mengandung unsur paksaan. Hal itu dikarenakan situasi pandemic covid-19. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa siswa sekolah dasar di era milenial masih mengetahui permainan tradisional “cak ingkling”. Walaupun pamor permainan tradisional ini masih kalah dengan games online sebagai permainan modern.

Keywords


permainan tradisional; siswa sekolah dasar; era milenial

Full Text:

PDF

References


Karwati, W. 2018. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia SD. https://www.kompasiana.com/wawat46810/5bcdd833bde575618719bef2/pentingnya-pendidikan-karakter-bagi-anak-usia-sd (Diakses Tanggal 20 Desember 2019)

Kiswantoro, A. 2013. Permainan Tradisional vs Permainan Modern. https://www.kompasiana.com/aditama18/552b74376ea8344b5b8b456d/permainan-tradisional-vs-permainan-modern (Diakses Tanggal 20 Desember 2019)

Kusniati, E. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan sosial Anak, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Laksono, F.H. 2019. Permainan Tradisional yang Mulai Ditinggalkan. https://www.kompasiana.com/aditama18/552b74376ea8344b5b8b456d/permainan-tradisional-vs-permainan-modern (Diakses Tanggal 20 Desember 2019)

Maharani, E. 2019. Kemendikbud: Pendidikan Karakter Jadi Fokus Utama. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/pql054335/kemendikbud-pendidikan-karakter-jadi-fokus-utama (Diakses Tanggal 20 Desember 2019)

Nur, H. 2013. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional” Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.

Perwitasari, A.C. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bhinneka Karya Tunggulsari Dan Tk Islam Bakti Viii Wonorejo, Surakarta

Power, B. 2005. Aktivitas Berbasis Minat Anak, Jakarta: Erlangga

Rachman, M. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang: Unnes Press.

Rahmawati, D. 2016. Mengasuh Anak dengan Permainan Tradisional, Solo: Metagraf

Tertiaviani dkk. 2016. Aplikasi Game Cak Ingkling Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Global Volume 7 No.1 Juli 2016

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset


Article Metrics

Abstract view : 354 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Bunda Harini, Nuraini Usman, Siti Dewi Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by