Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Matematika Kota Surakarta dalam Menyusun Soal PISA-like

Imam Sujadi(1), Budiyono Budiyono(2), Ira Kurniawati(3), Arum Nur Wulandari(4*), Riki Andriatna(5),

(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(4) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(5) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.16356

Abstract


Menghadapi tantangan abad 21, siswa harus dipersiapkan untuk memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan, salah satunya penalaran. Indonesia berpartisipasi dalam PISA (Program for International Student Assessment) dalam rangka benchmarking pencapaian program pendidikan nasional. Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa pencapaian Indonesia dibidang matematika  masih rendah. Hal ini disebabkan siswa masih belum terbiasa mengerjakan soal PISA-like. Masalah yang dihadapi oleh guru adalah kurang tersedianya soal PISA-like yang didesain khusus dalam mengembangkan penalaran siswa. Tim Pengabdian bekerja sama dengan MGMP Matematika SMP Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan pendampingan guru dalam menyusun sendiri soal matematika PISA-like. Kegiatan ini melibatkan 34 guru dan dilaksanakan secara daring dalam 4 tahap meliputi: (1) pembekalan materi mengenai PISA serta penilaian dan pembelajaran di masa pandemi, (2) inspirasi penyusunan soal PISA-like dan praktik penyusunan soal, (3)diskusi hasil penyusunan soal (4) implementasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: (1) 97% peserta menyatakan dengan kegiatan pendampingan wawasan mengenai karakteristik soal PISA dalam berbagai konteks (Personal, Societal, Occupational, Scientific) dan konten (Shape and Space, Change and Relationship, Quantity, dan Uncertainty) meningkat, (2) setelah mengikuti kegiatan pendampingan, peserta mampu menyusun soal sejenis PISA, (3) tindak lanjut kegiatan ini peserta dapat mengimplementasikan soal untuk kemudian menganalisis kesulitan siswa, serta mencari alternatif pembelajaran yang mampu mengatasi kesulitan tersebut.


Keywords


kemampuan guru, matematika, menyusun soal, PISA-like

Full Text:

PDF

References


Azizah, R.F, Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Usia 15 Tahun Di Sma Negeri 1 Jember. Kadikma 8(1), 97-104.

Dewantara, A.H. (2018). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan, Jurnal Dikdaktika (12)2.197-213.

DOI : 10.30863/didaktika.v12i2.186

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar, antara Retorika dan Aplikasi. Jurnal E-TECH, 8(1), 1–29.

https://doi.org/10.24036/et.v8i1.107288

Hewi, L.& Shaleh.M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi (4) 1, 30-41.

Pratama G. S. & Retnawati H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook J. Phys.: Conf. Ser. 1097 012147

doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Puspendik. 2017. Assessmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) di Jenjang SMP Tahun 2017. Tersedia di https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Seminar%20Puspendik%202017/Asesmen%20Kompetensi%20Siswa%20Indonesia%20(AKSI)%20-%20Rahmah.pdf.

Sukirwan, Dahrim, T. Herman. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. J. Phys.: Conf. Ser. 948 012036.

doi :10.1088/1742-6596/948/1/012036

Sujadi, I., Kurniawati,I. , Wulandari, A.N. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS Bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta dengan Pemanfaatan Hasil Program AKSI for School. Jurnal DEDIKASI, Comunnity Service Report 2(1), 52-57.

Wardhani, S. & Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK.

Yusron, R.M., Wijayanti, R., & Novitasari, A.T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Formbagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan 10(3), 182-188.

https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Imam Sujadi, Budiyono Budiyono, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari, Riki Andriatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.