HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERSEPSI LULUSAN SMU TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

Nurhaedah Nurhaedah(1*), Anas Arfandi(2),

(1) Jurusan PGSD FIP UNM
(2) Jurusan PTSP FT UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v3i1.1605

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) Mendapatkan gambaran mengenai persepsi mahasiswa terhadap profesi guru. 2) memahami sejauhmana minat mahasiswa untuk menjadi guru SD. 3) menjelaskan hubungan antara persepsi terhadap profesi guru dengan minat mahasiswa menjadi guru SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik pengambilan data dengan cara menyebarkan koesioner dan wawancara sebagai data primer pada Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa PGSD UNM lulusan SMU terhadap profesi guru masuk kategori Sangat Baik 56,94% dan 43,06% pada kategori Baik; 2) Minat mahasiswa PGSD UNM lulusan SMU untuk menjadi guru masuk kategori Sangat Baik 52,78% dan 45,83% pada kategori Baik. Namun demikian, terdapat 1,39% mahasiswa yang masih Ragu untuk menjadi guru; dan 3) Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap profesi guru dengan minat menjadi guru SD memiliki korelasi positif sebesar 0,670 yang berarti 67% minat menjadi guru SD berasal dari persepsi mereka terhadap profesi guru, sedangkan sisanya 33% bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: persepsi terhadap profesi guru, minat menjadi guru SD

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 228 times | PDF view : 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Nurhaedah Nurhaedah, Anas Arfandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by