PKM Assembling Pembelajaran Online Bagi Guru-guru SD di Kab. Gowa

Sayidiman Sayidiman(1*), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2), Hartoto Hartoto(3), Siti Raihan(4), Hotimah Hotimah(5),

(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.15861

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru sekolah dasar dalam Menyusun pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru mengembangkan keterampilan dalam melakukan assembling pada pembelajaran online. Metode pengabdian ini menggunakan metode seminar dan pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah guru mampu memahami bagaimana Menyusun pembelajaran daring yang menyenangkan dan menantang serta mampu melakukan assembling materi pada media sosial dan LMS. Hampir 95% guru yang mengikuti kegiatan pengabdian ini dapat melakukan assembling materi di media social dan LMS secara sederhana dan menarik.

Full Text:

PDF

References


Asih Theffidy, S. G. (2020). Guru Di Era Revolusi Industri 4.

Batubara, H. H. (2016). Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Universitas Islam Kalimantan MAB, 8(1), 40–50.

Cecilia, K. R., Elizabeth, R., & Rebecca, C. (2017). Collaborating for metadata creation on digital projects: using Google Forms and Sheets. Library Hi Tech News, 34(8), 20–23. https://doi.org/10.1108/LHTN-08-2017-0056

Chaeruman, Uwes Anis. (2017). PEDATI, Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Fatria, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158

Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(1), 68. https://doi.org/10.35314/isi.v2i1.119

Handayani, I., Aini, Q., Cholisoh, N., & Agustina, I. I. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 55. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.73

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9652

Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, F., & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Publikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5618

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.or.id. Sisfotenika, 8(2), 128. https://doi.org/10.30700/jst.v8i2.401

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). COVID-19 DALAM RAGAM TINJAUAN PERSPEKTIF (D. H. Santoro (ed.)). MBridge Press.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sayidiman Sayidiman, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, hartoto hartoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.