Bimbingan Teknis Memahami Pelaksanaan Pembelajaran dan Merancang RPP berbasis Modeling Instruction Bagi Guru IPA

Muhammad Reyza Arief Taqwa(1*), Joko Utomo(2), Atsnaita Yasrina(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.15849

Abstract


Kemampuan guru dalam mengembangkan desain pembelajaran merupakan faktor penting yang menentukan ketercapaian kompetensi peserta didik. Modeling Instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang revelan dengan pembelajaran IPA di sekolah.  Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk bimbingan teknis untuk memberikan wawasan pada guru dalam memahami pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Modeling Instruction dan cara merancang RPP berbasis Modeling Instruction. Pekaksanaan bimbingan teknis dilaksanakan secara online (dalam jaringan) dari tanggal 1 Agustus 2020 sampapi 7 Agustus 2020. Pelaksanaan kegiatan dilkaukan dengan menggunakan Zoom Meeting untuk platform pertemuan online dan WhatsApp Group sebagai sarana diskusi. Dalam bimbingan teknis ini, guru tidak diawajibkan hingga menyelesaikan RPP karena tujuan utamanya adalah agar guru dapat memahami pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Modeling Instruction. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan adalah 784 guru dari berbagai Provinsi di Indonesia. Adapun jumlah guru yang menyelesaikan RPP adalah 257 guru. Pelaksanaan bimbingan teknis menunjukkan hasil yang cukup baik, diindikasikan oleh kualitas RPP guru yang sudah baik dan hasil survey dari guru yang menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan bimbingan teknis berguna; (2) paparan materi mudah dipahami; (3) penggunaan media zoom efektif dalam pelaksanaan bimbingan teknis; dan (4) penggunaan WhatsApp group sebagai sarana diskusi yang efektif.

Keywords


Bimbingan teknis, modeling instruction, guru IPA.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. Retrieved August 18, 2020, from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/15394

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97–102. Retrieved August 24, 2020, from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/236

Brewe, E. (2008). Modeling theory applied: Modeling Instruction in introductory physics. American Journal of Physics, 76(12), 1155–1160. American Association of Physics Teachers (AAPT).

Brewe, E., Kramer, L., & O’Brien, G. (2009). Modeling instruction: Positive attitudinal shifts in introductory physics measured with CLASS. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 5(1). Retrieved August 22, 2020, from https://journals.aps.org/prper/abstract/10.1103/PhysRevSTPER.5.013102

Halloun, I. A., & Hestenes, D. (1987). Modeling instruction in mechanics. American Journal of Physics, 55(5), 455–462. American Association of Physics Teachers (AAPT).

Jackson, J., Dukerich, L., & Hestenes, D. (2008). Modeling Instruction: An Effective Model for Science Education The authors describe a Modeling Instruction program that places an emphasis on the construction and application of conceptual models of physical phenomena as a central aspect of learning and d. Science Educator, 17(1), 10–17. Retrieved August 21, 2020, from http://modeling.asu.edu.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). Retrieved August 24, 2020, from http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/5942

Noviyanti, E., & Hendi Ristanto, R. (2019). Guided Discovery Learning Based on Internet and Self Concept: Enhancing Student’s Critical Thinking in Biology. Indonesian Journal of Biology and Education, 2(1), 7–14. Retrieved August 19, 2020, from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijobe/article/viewFile/1196/947

Rampaul, W. E., & Davis, G. A. (1984). Educational Psychology: Theory and Practice. Canadian Journal of Education / Revue canadienne de l’éducation, 9(3), 354.

Sawtelle, V., Brewe, E., & Kramer, L. H. (2010). Positive impacts of modeling instruction on self-efficacy. AIP Conference Proceedings (Vol. 1289, pp. 289–292). Retrieved August 22, 2020, from https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.3515225

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2017). Pemanfaatan media sosial melalui whatsapp group FEI sebagai sarana komunikasi. Jurnal Komunikatio, 3(2), 95–104. Retrieved August 24, 2020, from https://ojs.unida.ac.id/JK/article/download/919/665

Yusnaeni, Y., Lika, A. G., & Hiul, S. (2019). Human respiratory system: designing student worksheet based on inquiry to promote 21st-century skills. Biosfer, 12(1), 34–44. Retrieved August 18, 2020, from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/10235


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Muhammad Reyza Arief Taqwa, Joko Utomo, Atsnaita Yasrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.