PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA SISWA DI KELAS V SDN 51 LAMBARI

Hikmawati Hikmawati(1*),

(1) SDN 51 Lambari Kabupaten Sinjai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1584

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar pesawat sederhana siswa kelas V SDN 51 Lambari  Kabupaten Sinjai dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses? Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 51 Lambari  Kabupaten Sinjai. Data dikumpulkan dengan tes, observasi dan catatan lapangan. Penelitian ini mengggunakan rencana penelitian tindakan kelas (action research), yaitu rancangan penelitian berdaur ulang (siklus). Temuan penelitian tentang keberhasilan guru menggunakan pendekatan  keterampilan proses, pada tindakan siklus 1 pertemuan pertama menunjukkan bahwa, dari 7 indikator yang direncanakan terdapat 3  indikator yang dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga dikategorikan kurang (K). Pada tindakan siklus 2 pertemuan kedua menunjukkan bahwa, dari 7 indikator yang direncanakan terdapat 7  indikator yang dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga dikategorikan Sangat Baik (SB). Hasil kerja siswa pada tindakan siklus 2, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam memahami materi sudah sesuai dengan yang diharapkan, sebagaimana dilihat dari hasil tes siswa dalam menjawab soal yang diberikan secara tertulis memperoleh nilai rata-rata 73,33 % , sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu ≥ 70 % dengan nilai paling rendah 6. Dari data hasil jawaban siswa tersebut terungkap bahwa siswa sudah dapat memahami materi dengan baik sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 414 times | PDF view : 2597 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Hikmawati Hikmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by