Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik

Pebria Dheni Purnasari(1*), Yosua Damas Sadewo(2),

(1) Institut Shanti Bhuana
(2) Institut Shanti Bhuana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Abstract


Proses pembelajaran yang efektif dan efisien membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Seorang guru, harus mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang baik sehingga mampu mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran dibutuhkan pemahaman terkait strategi mengajar serta penguasaan terhadap media ajar. Pembelajaran yang efektif terlihat dari bagaimana pembelajaran tersebut dapat menjawab kebutuhan siswa, serta tuntutan kemajuan jaman. Pelatihan pemanfaatan teknologi dalam mengajar menjadi hal yang tepat mengingat pendidikan di Indonesia harus dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, terlebih lagi di tengah situasi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung karena merebaknya virus Covid-19. Pemanfaatan teknologi dalam mengajar akan mendorong guru untuk menciptakan proses pembelajaran berbasis teknologi. Pelatihan ini dilakukan pada guru di SDN Wulungsari dengan fokus pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring. Melalui kegiatan pelatihan ini, ada peningkatan kemampuan pada para guru di SDN Wulungsari dalam hal pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi di mana kemampuan tersebut berada pada kompetensi pedagogik.


Keywords


Strategi pembelajaran daring, media pembelajaran, teknologi pembelajaran, kompetensi pedagogik

Full Text:

PDF

References


Afandi, Junanto, T. & Afriani, R., 2016. Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Surakarta, Universitas Negeri Surakarta, pp. 113-119.

Gunawan, A., 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), pp. 16-24.

kemendikbud.go.id, 2020. SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, Jakarta: kemendikbud.go.id.

Nur, A. A., 2014. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, pp. 65-831.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2019. Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), pp. 489-497.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2020. Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), pp. 125-132.

Ridha, M., 2018. Menjadi Guru di Era Digital. [Online]

Available at: https://geotimes.co.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/

[Accessed 2020 02 24].

Sadewo, Y. D. & Purnasari, P. D., 2019. Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Sebatik, 23(2), pp. 522-527.

Setiawan, W., 2017. Era Digital dan Tantangannya. Sukabumi, Universitas Muhammadiyah, pp. 1-9.

Sumiarsi, N., 2015. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran SD Negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), pp. 99-104.

Sunanjar, F., 2016. Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran, Jakarta: Kompasiana.

Syamsuar & Refliantor, 2018. Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech, 6(2), pp. 1-13.

Wijayanti, I. D., 2011. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.


Article Metrics

Abstract view : 17563 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Pebria Dheni Purnasari, Yosua Damas Sadewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by